Universitas Teknokrat Indonesia Undang Visiting Lecturer Dari Universitas Teknologi Malaysia

Universitas Teknokrat Indonesia Undang Visiting Lecturer Dari Universitas Teknologi Malaysia

RADARLAMPUNG.CO.IDUniversitas Teknokrat Indonesia, PTS terbaik ASEAN menyelenggarakan program dosen tamu international (International Visiting Lecturer), program studi S1 Teknologi Informasi serta Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer secara daring, Selasa (17/5). 

Pembicara pada kuliah ini adalah Dr. Muhalim Bim Mohamed dari Universiti Teknologi Malaysia. Topik dalam kuliah ini Wireless Security: Technical Challenges, Recent Advances, and Future Trends for Industry 4.0.

Dalam kuliah tersebut Dr. Muhalim memaparkan bahwa wireless security memainkan peran yang sangat penting dalam menunjang kemajuan teknologi saat ini, khususnya industri 4.0 yang diikuti oleh para mahasiswa UTI.

"Zaman modern ini, segala sesuatu terhubung satu sama lain melalui teknologi jaringan yang semakin pesat perkembangannya. Terbaru, teknologi jaringan sudah menyentuh 5G dan akan terus meningkat dalam waktu yang cepat sekejap mata, baik pada media kabel maupun nirkabel," katanya.

Media kabel dirasa tidak efektif jika digunakan dengan mobilitas yang tinggi, sehingga media nirkabel muncul sebagai solusi terbaik.

"Kemajuan media nirkabel yang sangat cepat, diiringi juga oleh kelemahan, sekaligus menjadi tantangan selanjutnya untuk dicapai. Seperti halnya dalam aspek keamanannya. Keamanan nirkabel atau yang lebih popular dengan sebutan wireless security merupakan ilmu yang menyelami tentang bagaimana mengelola dan memelihara keamanan jaringan nirkabel dengan efektif dan efisien dalam menghadapi serangan-serangan hacker/cracker," jelasnya.

Dilanjutkan, sampai detik ini, masih banyak metode-metode yang sedang dikembangkan untuk meminimalisir serangan. Mulai dari katagori sedikit berbahaya sampai dengan sangat berbahaya seperti eavesdropping attack, DoS attack, data falsification attack, node compromise attack.

"Hal tersebut yang membuat bidang wireless security menjadi sangat seksi di khalayak peneliti-peneliti dunia yang bertujuan untuk melindungi jaringan secara efektif dan efisien," jelas Muhalim.

Sementara Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. menyampaikan,  program International Visiting Lecturer ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswa. 

"Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa mendapat kesempatan untuk memiliki pengalaman kuliah internasional. Mengikuti kuliah dan berinteraksi dengan komunitas internasional. Seperti dosen dan mahasiswa dari luar negeri. Hal ini selaras dengan visi Universitas Teknokrat Indonesia yaitu menjadi World Class University," kata Mahathir. (mel/rls/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: