Alhamdulillah, Lampung Jadi Salah Satu Peserta Haji Jalur Fast Track

Alhamdulillah, Lampung Jadi Salah Satu Peserta Haji Jalur Fast Track

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo saat diwawancarai awak media di Asrama Haji Rajabasa, Bandar Lampung. Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menerima 393 Calon Jamaah Haji (CJH) Lampung asal Bandar Lampung, gelombang 1 keberangkatan Haji embarkasi Jakarta, yang masuk asrama Haji Rajabasa, Bandarlampung pada Minggu, 5 Juni 2022, sekitar pukul 10.00 WIB.

Rencananya, mereka akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Lampung pada Minggu (5/6) sekitar pukul 20.00 WIB di GSG Asrama Haji, Rajabasa, Bandar Lampung.

Seluruh CJH Lampung asal Bandar Lampung yang akan berangkat pada gelombang pertama pada 6 Juni 2022 dini hari saat memasuki asrama diharuskan melakukan tes PCR. 

BACA JUGA:Ini Jadwal Keberangkatan Calon Jamaah Haji Lampung

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo mengatakan, untuk pemberangkatan Kelompok Terbang (Kloter) gelombang pertama ini diisi sebanyak 393 jamaah haji dari Bandar Lampung. Terdiri dari 387 perserta, dua tenaga kesehatan, dan dua petugas.

“Alhamdulillah sampai hari ini, kami tidak mendapatkan informasi terkait adanya hasil PCR positif. Sehingga mudah-mudahan informasi tetap sama sampai pemberangkatan terakhir,” tambahnya

Jamaah haji dari Bandar Lampung adalah yang terbanyak tahun ini, yaitu 749 jamaah. Sehingga jamaah dari Bandar Lampung dipecah ke beberapa kloter.

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Susun Kloter Pemberangkatan Haji, Berikut Rinciannya

Kloter pertama akan berangkat pada 6 Juni 2022. “Sedangkan untuk calon jamaah haji tertunda karena persyaratan batasan usia di Lampung itu ada sekitar 3.500 orang. Meski begitu kami optimis calon jamaah haji tertunda itu bisa berangkat di 2023,” sebutnya. 

Puji juga menginformasikan bahwa Lampung menjadi salah satu peserta haji jalur fast track.

“Alhamdulillah jamaah Lampung ini dapat kemudahan, dapat jalur fast track, sehingga pemeriksaan dokumen itu hanya di tanah air,” katanya.

BACA JUGA:Garuda Indonesia Siapkan Tiga Pesawat Setiap Satu Kloter Jemaah Haji

Bahkan, kata dia, sesampainya di tanah suci para jamaah haji tidak perlu lagi melakukan tes PCR. Sehingga begitu turun di Madinah, jamaah haji akan langsung naik bus menuju hotel di Madinah.

Ia menginformasikan, rangkaian kegiatan pada Minggu (5/6) hari ini untuk jamaah haji kloter pertama adalah, pada pukul 10.00 WIB, peserta haji yang datang langsung ke Gedung Hijau Islamic Center untuk validasi tes PCR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: