Catat! Ini Alur Registrasi untuk Peserta yang Lulus UTBK SBMPTN Universitas Lampung

Catat! Ini Alur Registrasi untuk Peserta yang Lulus UTBK SBMPTN Universitas Lampung

Foto simanila.unila.ac.id--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDPasca pengumuman UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), peserta yang lulus bisa melakukan daftar ulang mulai hari ini.

Humas Panitia Lokal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Lampung Muhammad Komaruddin mengatakan, peserta yang lulus bisa awal mengisi form daftar ulang.

"Untuk daftar ulang, sudah bisa langsung sejak diumumkannya lolos. Terlebih dahulu mencetak sertifikat keterangan lulus dari LTMPT," kata Muhammad Komaruddin, Jumat 24 Juni 2022.

Muhammad Komaruddin  menuturkan, calon mahasiswa diminta mengisi data pokok untuk menentukan uang kuliah tunggal (UKT) pada laman http://sidakma.unila.ac.id mulai Jumat 25 Juni mendatang.  

BACA JUGA: Selamat, 5.755 Peserta Lolos UTBK SBMPTN Universitas Lampung

"Kemudian, peserta KIP yang lulus SBMPTN wajib mengirimkan berkas paling lambat 4 Juli dengan cap pos ekspedisi. Ditujukan kepada pengelola KIP Kuliah, Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) tepatnya di gedung Rektorat Unila," sebut Muhammad Komaruddin.

Untuk jadwal wawancara bisa dilihat pada laman https://bak.unila.ac.id.

Muhammad Komaruddin melanjutkan, pihak Universitas Lampung bakal mengumumkan besaran UKT sementara pada 8 Juli.

Kemudian UKT final pada 19 Juli dan bisa dilihat akun masing-masing pada laman http://sidakma.unila.ac.id.

BACA JUGA: Mendengarnya Saja Ngilu, Kok Bisa Camilan Ini Populer di Korea

"Setelah itu baru tanggal 20-29 Juli melakukan pembayaran UKT pada bank yang telah ditentukan," sebut Muhammad Komaruddin.

Jika semua itu telah dilakukan, maka registrasi sebagai mahasiswa baru bisa dilaksanakan mulai tanggal 20-29 Juli melalui laman http://registrasi.unila.ac.id.

 

Mahasiswa yang berhasil registrasi nantinya bakal mendapatkan KTM sementara dari laman tersebut dengan cara mengunduhnya.

"Apabila peserta tidak melakukan registrasi hingga tanggal 31 Juli atau tidak mengikuti semua alurnya, maka hak untuk menjadi mahasiswa Unila dibatalkan atau gugur,” tegas Muhammad Komaruddin.

BACA JUGA: Tolong Pak! Belasan Kendaraan Terjebak di Suoh

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), Rabu 23 Juni 2022.

Dari 800.852 peserta yang mendaftar pada 125 perguruan tinggi negeri, sebanyak 192.810 dinyatakan lulus. Untuk Universitas Lampung, menerima 5 ribu lebih peserta.

Ketua LTMPT Prof. Mohammad Ashari mengatakan, total ada 800.852 peserta yang mendaftar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20 ribu kursi tidak terisi.

"Daya tampung yang tidak terpenuhi sebanyak 20.596 siswa. Istilahnya, karena ada program studi yang tidak penuh, hanya terisi sebagian, dan seterusnya,” kata Prof. Mohammad Ashari pada konferensi pers, Rabu 23 Juni 2022.

BACA JUGA: Tanggamus Urutan Ke-5 Realisasi Belanja PDN

Dilanjutkan, dari jumlah peserta yang lulus UTBK SBMPTN, 88.703 peserta diterima kelompok ujian Saintek atau sekitar 24,65 persen.

Kemudian kelompok ujian Soshum ada 86.801 peserta diterima dari total 372.715 peserta atau sekitar 23,29 persen

"Untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum atau campuran, ada 17.306 peserta diterima dari total 68.347 peserta, yang mencakup 25,32 persen,” sebut Prof. Mohammad Ashari.

Ditambahkan Dirjen Dikti Prof. Nizam, ada hal disayangkan dalam proses SBMPTN. Di mana, prodi Pertanian dan Pendidikan Vokasi tidak begitu diminati.

BACA JUGA: Naaah, Tuh Kan, Eropa Aja Berburu Batubara, Indonesia Harus Apa?

"Pada SBMPTN 2022 ini  prodi pertanian dinilai turun peminatnya. Padahal bidang pertanian sangat penting pada era 4.0 yang akan semakin kuat,” kata Pof. Nizam.

Padahal terus, Prof. Nizam, prodi pertanian adalah jalur yang sangat menjanjikan. Begitu juga dengan prodi pendidikan vokasi.

Sementara untuk Universitas Lampung, ada 5.755 peserta yang lolos dari total 15 ribu lebih pendaftar. Prodi Soshum paling diminati .

Terdiri dari Ilmu Hukum 2.352 orang, Managemen 1.892 orang, PGSD 1.532 orang, Ilmu Komunikasi 1.529, dan Ilmu Administrasi 981 orang.

BACA JUGA: Cair Juli, Ini Besaran Gaji Ke-13 ASN, Pensiunan dan Penerima Tunjangan

Untuk Saintek, paling diminati yaitu Pendidikan Kedokteran sebanyak 2.959, Farmasi 1.643, Teknik Informatika 996, Ilmu Komputer 900 dan Teknik Sipil 577.

Dari total yang lolos tersebut, Universitas Lampung melebihi target kuota yang disediakan, yakni sebanyak 5.729 kursi.

Universitas Lampung masuk dalam urutan ke-4 peserta KIP (program pemerintah berupa beasiswa yang kondisinya ekonominya membutuhkan) terbanyak dengan total 2.048 peserta. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: