Penyebab Terjadinya Kesemutan

Penyebab Terjadinya Kesemutan

Penyebab terjadinya Kesemutan--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebagian orang, mungkin pernah mengalami kesemutan. Namun, ada beberapa penyebab terjadinya kesemutan.

Sebelum membahas penyebab terjadinya kesemutan, harus diketahui bahwa kesemutan atau biasa disebut Kebas atau baal merupakan hilangnya sensasi di bagian tubuh tertentu (mati rasa).

Biasanya, kesemutan bersifat sementara. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, kesemutan di tangan, kaki, wajah, atau anggota tubuh lainnya dapat terjadi secara berkelanjutan akibat kerusakan saraf atau gangguan pada sistem saraf pusat.

Pada umumnya, penyebab kesemutan merupakan saraf terjepit akibat tekanan pada satu bagian tubuh tertentu. Misalnya, tangan atau kaki, atau berada di posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama.

BACA JUGA:Waspada! Ini Prakiraan Cuaca di Lampung pada 19 Juli 2022

Sebagai informasi, tubuh manusia memiliki miliaran sel saraf yang berfungsi sebagai jalur komunikasi dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh.

Saat tangan atau kaki menerima tekanan dalam waktu lama, saraf-saraf yang menjalar di dalamnya akan tertekan atau terjepit.

Saraf yang terjepit, menyebabkan otak kekurangan informasi mengenai sensasi indra peraba yang diharapkan datang dari kumpulan saraf itu.

Hal ini yang menyebabkan tekanan tersebut akan menghimpit pembuluh arteri untuk mengalirkan darah ke saraf.

BACA JUGA:Kesal dengan Mafia Tanah, Nirina Zubir Desak Pelaku Dimiskinkan

Akibatnya, saraf-saraf tak dapat menerima suplai darah dan oksigen yang cukup untuk bekerja. Kemudian, menyebabkan sinyal yang berasal dari saraf sensorik akan terblokir atau terhalang. Hasilnya, akan timbul mati rasa pada bagian tubuh yang tertekan tersebut.

Ini adalah penyebab kesemutan yang wajar terjadi pada siapapun dan biasanya berlangsung singkat. Kondisi ini, biasanya akan hilang begitu tekanan berkurang atau ketika mengubah posisi tubuh.

Berikut ini, penyebab kesemutan mengutip dari Hellosehat :

1. Kekurangan Nutrisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: