Bergerak Jadi PTN-BH, Rektor Unila Minta Pemprov Lepas Hak Tanah Hibah Kota Baru

Bergerak Jadi PTN-BH, Rektor Unila Minta Pemprov Lepas Hak Tanah Hibah Kota Baru

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, MS.i,. (Unila.ac.id)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melepaskan hak tanah hibah di Kotabaru, sebelum menyandang status Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH).

"Unila sebenarnya telah mendapatkan hibah lahan dari pemda Provinsi Lampung 150 hektare di Kotabaru. Namun hingga saat ini, setelah tiga tahun, proses pelepasan haknya belum diwujudkan Pemda Provinsi Lampung," kata Prof. Karomani belum lama ini di belakang Gedung Rektorat.

Prof. Kromani menyebutkan, kebutuhan Unila terkait infrastruktur yang saat ini diharapkan dapat diperluas,

Ya, melihat jumlah mahasiswa yang telah mencapai 40 ribu lebih, 1.500 dosen, dan seribu lebih tenaga pendidik, luas kampus yang hanya 65 hektare dirasa sudah tak memadai lagi.

BACA JUGA:Kejagung Tunjuk 30 Jaksa, Ada Arahan Khusus Dalam Penanganan Kasus Pembunuhan Brigadir J

"Apalagi ketika masuk PTN-BH, akan berdiri rumah sakit pendidikan Unila, mall, hotel, asrama mahasiswa, dan sarana lainnya," ujar Prof. Karomani.

Maka, kata dia, luasan kampus Unila saat ini sudah tidak memadai lagi.

"Luas atau area kampus Unila saat ini terbilang sempit, hanya 65 hektare jika dibandingkan Unsri dan Unri yang luasnya mencapai 702 hektare. Dan itu bagian dari kontribusi Pemda setempat," ujar Prof Karomani.

Oleh karenanya, Profesor berlatar belakang Ilmu Komunikasi itu berharap Gubernur Lampung dapat memberi dukungan dengan melepaskan hak yang sudah dihibahkan ke Unila.

BACA JUGA:Serunya Citayam Fashion Week ala Lampung Barat

Dengan begitu, Unila dapat memperluas kampusnya dan membangun infrastruktur lebih banyak untuk menjadi kampus yang lebih besar luasannya.

"Saya betul-betul berharap pada pak Gubernur Lampung, Bapak Arinal Djunaidi, bahwa tanah yang sudah dihibahkan segera dilepaskan haknya karena kampus kita di Gedungmeneng sudah tak memadai lagi ke depan," jelas Prof. Aom.

Bila hal tersebut bisa terjadi, ia optimis Unila bisa melompat jauh menjadi PTN BH, karena memiliki kampus baru di Kotabaru, terlebih dengan prestasi yang selama ini diraih.

Tidak hanya menjadi yang terbaik dan berkontribusi untuk Lampung, tapi juga hadir untuk kemajuan bangsa dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: