Cheng Yu Pilihan: Rektor Ubaya Benny Lianto, Yi Shi Tong Ren

Cheng Yu Pilihan: Rektor Ubaya Benny Lianto, Yi Shi Tong Ren

--

BERTEMAN dengan sebanyak mungkin orang. Itu keinginan Benny Lianto. Tidak mau cari musuh. Million friends, zero enemies. 

"Pedoman hidup saya, usahakanlah berdamai dengan semua orang. Jangan membeda-bedakan. Sebab, makin banyak teman, akan makin banyak pula peluang dan rezeki," tegas Benny.

Rektor Universitas Surabaya tersebut mungkin ingin mengamalkan apa yang diajarkan Han Yu 韩愈 (768-824). 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Notaris Hengki Budi, Kai Juan You Yi

Dalam esai terkenalnya, Yuan Ren (原人), filsuf Konfusianisme itu menekankan pentingnya kita untuk "一视同仁" (yī shì tóng rén): welas asih tanpa pandang bulu. 

Inilah yang, tulis Han Yu, orang-orang bijak zaman dahulu lakukan dan mesti pula jalankan oleh kita sekarang.

Sebab, jika kita berbuat baik kepada siapa pun, kebaikan akan datang dari mana pun. Apalagi, kalau berkaca kepada keyakinan orang-orang Tiongkok, "在家靠父母,出外靠朋友" (zài jiā kào fù mǔ, chū wài kào péng yǒu), di rumah bersandar kepada orang tua, di luar bersandar kepada kawan-kawan. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Ketua Umum Kadin NTT Bobby Lianto, Tian Wai You Tian

Karena, jika berada di perantauan, jauh dari sanak famili, para sahabat menjadi tempat ternyaman untuk bersandar.

Tak heran bila Rasulullah, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah, bersabda, Man ahabba ayyubsatho lahu firrizqi, wayunsa’a lahu fii atsarihi wal yashil rahimahu.

Artinya, Barang siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahmi, tali persahabatan.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Ketua Yayasan Masjid Chneg Hoo Abdullah Nurawi, Bai Ren Cheng Jin

Bahkan ada cerita, Nabi Muhammad pernah ditanya mengenai apa saja perbuatan yang bisa menjadikan orang masuk surga. Ternyata, silaturahmi termasuk di antaranya.

Makanya, Konfusius suatu waktu mengajukan pertanyaan retoris, "有朋自远方来,不亦乐乎?" (yǒu péng zì yuǎn fāng lái bù yì lè hū?). Saat ada teman dari jauh datang, bukankah itu sangat menyenangkan? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian.disway.id