Tim PKM Poltekkes Sambangi SMAN 4 Metro

Tim PKM Poltekkes Sambangi SMAN 4 Metro

Tim PKM Poltekkes Tanjungkarang sambangi SMAN 4 Metro-dok Poltekkes Tanjungkarang-

RADARLAMPUNG.CO.ID-Tim Dosen Pengabdian Kepada  Masyarakat  Politeknik Kesehatan Tanjungkarang menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 4 Kota Metro. Tim terdiri dari tiga dosen bidang kesehatan reproduksi dan spesialis keperawatan maternitas  serta mahasiswa STR Keperawatan. Tim diketuai Dr. Aprina , SKp., M.Kes dengan dosen anggota Ns. Titi Astuti., M.Kep., Sp. Mat dan Al Murhan., SKM., M.Kes. 

Pengabdian Kepada Masayarakat mengangkat tema Peran kelompok Peer Group Cisarere (Cinta Sehat Reproduksi Remaja)

Kegiatan berlangsung sejak April  hingga Agustus  2022. Tujuan kegiatan menerapkan peran kelompok remaja dalam upaya peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Kegiatan diisi dengan sosialisasi materi kesehatan reproduksi remaja yang diikuti sejumlah guru, 40 siswa anggota UKS dan PMR serta 100 siswa SMAN 4 Metro. 

Sosialisasi dimulai dari kegiatan pre test pengetahuan remaja sebelum tim memaparkan materi kesehatan reproduksi. Dalam pemaparannya, tim menyampaikan lima  materi pokok. Yaitu materi mengenai kesehatan reproduksi remaja, tujuan kesehatan reproduksi pada remaja, faktor yang memengaruhi kesehatan reproduksi pada remaja,  bahaya kesehatan reproduksi remaja jika tidak dijaga dengan baik dan peran remaja dalam kesehatan reproduksi remaja. 

Pemaparan dilanjutkan dengan post test. Kemudian para siswa membentuk kelompok kecil yang disebut Peer group Caesarea (Cinta kesehatan reproduksi remaja). Peer group terdiri dari 3 hingga 7 siswa yang telah dibekali materi selanjutnya  berbagi kepada siswa lain yang belum mendapatkan materi. Tim juga memilih Duta Kesehatan Reproduksi  siswa yang terpilih mendapatkan skor pengetahuan terbaik dan keterampilan dalam penerapan kepada kelompok  peer grup selama kegiatan. 

Dr. Aprina, S.Kp., M.Kes menilai respon para siswa positif selama kegiatan digelar. Menurutnya, para siswa antusias berdiskusi terkait topik yang diangkat oleh tim. 

“Kegiatan ini perlu untuk dilanjutkan dimasa datang hal ini terkait dengan masih banyak remaja yang belum mengetahui pentingnya kesehatan reproduksi dengan membentuk kelompok peer group remaja untuk saling bertukar informasi, sehingga dengan harapan menurunkan angka pernikahan usia dini, kenakalan remaja  dan penyalahgunaan narkotika,” tutur Dr. Aprina, S.Kp., M.Kes. 

Kepala SMAN 4 Metro Made Noviani S.Pd menjelaskan, kegiatan sosialiasi tersebut bermanfaat bagi siswa. Para siswa, lanjutnya, dibekali pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja dan dampaknya jika tak bisa menjaga kesehatan reproduksi. “Kegiatan ini memberikan manfaat banyak kepada siswa,” juga diharapkan kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: