Cheng Yu Pilihan: Teguh Kinarto, Jiu Feng Zhi Ji Qian Bei Shao

Cheng Yu Pilihan: Teguh Kinarto, Jiu Feng Zhi Ji Qian Bei Shao

--

ADA ungkapan klasik yang sangat disukai Teguh Kinarto. "酒逢知己千杯少". Arti harfiahnya, saat ketemu kawan baik, seribu botol arak pun akan kurang. 

Ungkapan itu memiliki makna, bersama dengan orang yang satu chemistry, tak akan membosankan sama sekali. 

Tidak hanya dalam kehidupan keseharian. Begitu juga dalam berbisnis. Sebab, sekarang zamannya kolaborasi, bukan konfrontasi. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Dosen FISIP UI Yeremia Lalisang, Ru Xiang Sui Su

Pekerjaan yang beraneka ragam, tidak akan bisa lagi diselesaikan sendirian. Harus bekerja sama dengan orang lain yang memiliki satu tujuan.

Semakin banyak kawan, kian banyak jalan. Peluang akan berdatangan, sebanding dengan seberapa luas kita merajut jaringan.

Mungkin itulah mengapa Nabi Muhammad menyabdakan, Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali persahabatan.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Wakil Ketua Umum I PB Wushu Indonesia Iwan Kwok, Bai Ren Cheng Jin

Sebagaimana disampaikan kitab I Ching (易经), "二人同心, 其利断金" (èr rén tóng xīn, qí lì duàn jīn). Kekuatan dua orang yang sehati, akan mampu melunakkan benda yang paling keras sekalipun.

Begitulah yang dilakukan Teguh. Memperbanyak teman. Tak heran jika perusahaan yang didirikannya, PT Podo Joyo Masyhur (PJM) group, terus berkembang.

Anda sudah tahu, Teguh mulanya jualan kain di pasar. Kemudian, ia menjalin hubungan baik dengan instansi-instansi tentara. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Owner Sidomuncul Irwan Hidayat, Yin Shui Si Yuan

Dagangannya dikreditkan kepada mereka. Laku keras. Tidak ada yang menunggak pembayaran, seperti yang dulu-dulu dialami orang tuanya

Seiring waktu, koneksi dan pondasi ekonominya semakin menguat. Teguh kemudian merambah bisnis lain. Menjadi kontraktor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: