Iklan Bos Aca Header Detail

Universitas Terbuka Gelar Pelatihan Tutor Tahap Satu

Universitas Terbuka Gelar Pelatihan Tutor Tahap Satu

Pelatihan tutor tahap satu yang digelar Universitas Terbuka mulai 24-28 Oktober 2022. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - UP BJJ Universitas Terbuka Bandar Lampung mengadakan pelatihan tutor tahap satu mulai dari 24-28 Oktober 2022.

Penanggung Jawab Tutorial dan Bahan Ajar UP-BJJ UT Whika Febria Dewatisari mengatakan, pelatihan bertujuan menyiapkan calon tutor agar siap menjadi tutor yang sebenarnya.

"Sebenarnya mereka sudah menjadi tutor. Hanya belum mendapat pelatihan. Jadi, membuat mereka bisa melakukan pekerjaan tutor sesuai dengan tupoksi di Universitas Terbuka," kata Whika Febria Dewatisari, Senin 24 Oktober 2022.

Menurut Whika Febria Dewatisari, menjadi tutor di Universitas Terbuka adalah hal yang berbeda dengan universitas lainnya. 

"Jadi tidak seperti mengajar konvensional tatap muka. Tetapi juga bertutorial dan mengajar turorial web. Di mana, tutor lebih mengarahkan dan mengajak mahasiswa untuk bisa belajar mandiri karena ditekankan seperti itu di UT," papar Whika Febria Dewatisari. 

"Bagaimana mengatur waktu, belajar dan membaca cepat serta mempunyai kemampuan materi dari modul yang banyak itu menjadi dimengerti dan dinilai menarik oleh mahasiswanya," imbuhnya.

Pada perkembangannya, terus Whika, tutor di Universitas Terbuka telah dibekali beberapa aplikasi baru yang lebih mendukung dalam pembelajaran. Utamanya muncul disaat pandemi Covid-19.

"Kami sudah mengembangkan berbagai macam aplikasi. Contohnya pada pandemi kemarin. Di mana, kita mempunyai tutorial webinar melalui aplikasi Tims dan LMS. Jadi mereka bisa melihat kelas tanpa datang langsung," urainya.

Whika berharap para tutor bisa mengikuti kegiatan sebaik-baiknya dengan sertifikat yang akan diterima, berdasar penilaian instruktur yang ditunjuk. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: