7 Fakta Menarik Tentang Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui, No. 5 Bikin Bangga

7 Fakta Menarik Tentang Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui, No. 5 Bikin Bangga

7 fakta menarik tentang indonesia yang wajib kamu ketahui. Foto Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.IDIndonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di Asia Tenggara yang dilintasi garis katulistiwa, dan berada pada dua benua dan dua samudra. Yaitu benua Asia dan Oseania, juga samudra Hindia dan samudra Pasifik.

Negara tercinta kita Indonesia memang banyak memiliki potensi yang luar biasa mulai dari hasil alam yang melimpah dan rakyatnya terkenal ramah nan murah senyum, tidak heran negara kita dipandang sebagai bangsa yang berbudi pekerti.

Selain itu Indonesia memiliki nama lain yakni Nusantara, karena luasnya meliputi dari Sabang sampai Merauke yang beraneka ragam suku bangsa dan bahasa. 

Dengan keragaman yang ada, Indonesia menjunjung tinggi semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

BACA JUGA:Tim Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Lokakarya di SMA Utama II Bandar Lampung

Agar lebih mengenal Indonesia lebih dalam lagi, simak fakta-fakta menarik yang ada di Tanah air tercinta kita Indonesia berikut ini.

1. Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17 ribu pulau yang dimana hanya 7 ribu pulau saja yang berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Papua serta pulau-pulau kecil lainnya.

Tiga pulau yang seperti Kalimantan, Sumatera dan Papua memiliki luas pulau yang berbeda-beda. Sumatera dengan 443 Km2 menempati urutan keenam dunia, Kalimantan menepati urutan keempat dengan luas 743 Km2 , dan Papua menjadi terbesar kedua dunia dengan luas 786 Km2.

2. Negara Dengan Suku Bangsa Terbanyak di Dunia

Dilansir dari laman Badan Pusat Statistik, Indonesia memiliki lebih dari 1.340 pada tahun 2010. Suku Jawa menjadi suku terbesar di Indonesia dengan presentase mencapai 41 persen.

BACA JUGA:Aksinya Terekam CCTV, Residivis Curanmor Diciduk Polisi

3. Negara Yang Keluar Masuk PBB

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) adalah organisasi dunia yang bertujuan untuk melakukan pencegahan adanya serangan dari negara besar ke negara kecil. Hingga adanya konflik yang terjadi di tengah masyarakat dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber