Bansos PKH dan BPNT Tahun 2023 Sudah Cair di Lampung Timur, Penerima KPM Segera Cek

Bansos PKH dan BPNT Tahun 2023 Sudah Cair di Lampung Timur, Penerima KPM Segera Cek

Ilustrasi Bank yang penerima Bansos PKH tahun 2023. Foto Ilustrasi Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah mulai disalurkan per tanggal 7 Maret 2023 lalu. Termasuk di Lampung, khususnya Kabupaten Lampung Timur.

Bansos PKH dan BNPT tahun 2023 ini sudah disalurkan ke beberapa wilayah seperti di Lampung Timur sudah dirasakan dan diterima oleh sejumlah masyarakat.

Masyarakat di Lampung Timur kini sudah bisa menikmati bansos PKH dan BNPT tahun 2023, yang telah dicairkan melalui Bank Himbara ataupun Kantor Pos terdekat.

Sekretaris Dinas Sosial Lampung Timur, Hendro Syafei menjelaskan, untuk bansos PKH dan BNPT tahun 2023 sudah bisa diambil melalui Bank Mandiri atau juga bisa ke agen Bank Mandiri bagi para KPM yang tercatat menerima bansos PKH dan BNPT tahun 2023.

Di Lampung Timur sendiri ada sekitar 55.081 penerima KPM. Sedangkan untuk BPNT sebanyak 85.131 KPM yang sudah tersebar di 264 desa.

"Jadi jumlah penerima KPM dari bansos PKH dan BNPT tahun 2023 ini masih menyesuaikan data di bulan Desember 2022 lalu," ujarnya.

Bansos PKH dan BNPT tahun 2023 ini merupakan bantuan dari pemerintah melalui Kemensos yang diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu.

Masyarakat di Kabupaten Lampung Timur sendiri termasuk penerima KPM dari bansos PKH dan BPNT tahun 2023 ini.

Sekretaris Dinas Sosial Lamtim Hendro Syafei menjelaskan, pada tahun 2022 lalu BPNT telah disalurkan kepada 85.131 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 24 kecamatan. Sedangkan PKH disalurkan kepada 55.081 KPM.

Dilanjutkan, untuk BPNT masing-masing KPM mendapat bansos sebesar Rp200 ribu dalam bentuk sembako. "Besaran bansos PKH tergantung komponennya,"jelas Hendro Syafei mewakili Kepala Dinas Sosial Lamtim Agus Subagyo, Kamis 19 Januari 2023.  

Lebih lanjut dijelaskan, untuk data penerima Bansos 2023 saat ini masih dalam tahap validasi Pusat Data dan Indormasi (Pusdatin) Kememtrian Sosial Republik Indonesia. 

Menurutnya, data penerima bisa berubah. Antara lain, disebabkan KPM meninggal dunia atau pindah domisili. Selain itu, ada juga KPM yang sudah berupa status menjadi keluarga sejahtera. "Jadwal penyaluran Bansos juga masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat," jelas Hendro.

Ditambahkan, selain BPNT dan PKH, pada 2022 lalu juga ada bansos berupa bantuan langsung tunai (BLT) kompensasi subsidi BBM yang disalurkan kepada 83.663 KPM. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: