Siap Disalurkan lewat Bank! Intip Jadwal Pencairan KIP Kuliah 2023

Siap Disalurkan lewat Bank! Intip Jadwal Pencairan KIP Kuliah 2023

Bantuan program KIP Kuliah akan dicairkan dalam waktu dekat kepada para penerima. --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bantuan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dikabarkan siap dicairkan lewat bank dalam waktu dekat ini.

Dilansir dari laman KIP Kuliah Kemdikbud, bantuan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertujuan untuk membantu para mahasiswa katagori kurang mampu untuk menyelesaikan program pendidikannya.

Melalui bantuan KIP Kuliah, mahasiswa yang kurang mampu atau kesulitan ekonomi bisa terbantu dalam mendapatkan pendidikan dan biaya hidup semasa kuliah.

Bagi para peserta didik penerima beasiswa KIP kuliah tentunya sangat menantikan jadwal pencairan bantuan dana untuk segera bisa tersalurkan ke rekening masing-masing bank.

BACA JUGA: ASN Katagori Ini Tidak Dapat Gaji Ke-13 dan THR 2023, Cek Penyebabnya

Namun sebelum jadwal pencairan KIP kuliah diumumkan oleh pihak universitas, ada baiknya para peserta mengetahui terlebih dahulu terkait proses pencairan  agar bisa diterima oleh para peserta.

Sesuai informasi dari laman Kemendikbud, proses pencairan KIP Kuliah dalam hal administrasi memakan waktu 1 sampai 2 minggu.

Dari proses administrasi, tahap pencairan yang memakan waktu selama 30 hari  dari estimasi waktu yang diterima oleh pusat paling lambat 40 hari.

Proses pencairan berdasarkan data pengajuan masing-masing dari universitas negeri maupun swasta dalam mengurus berkas dan administrasi.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Laptop ASUS Spek Dewa di Tahun 2023, Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jika dalam proses penyususan berkas dan dokumen administrasi pengajuan terlambat maka pendataan jadwal pencairan akan terhambat.

Hal ini dikarenakan adanya antrean dari universitas lain yang sudah mengajukan proses pencairan KIP kuliah semester genap tahun 2023 ke pusat.

Jika berdasarkan data Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, jadwal pencairan KIP kuliah semester genap diperkirakan cair pada Maret tahun 2023.

Terkait informasi lebih lanjut mengenai jadwal pasti pencairan dana KIP kuliah, para penerima beasiswa bisa menanyakan kepada pihak admin yang mengurus program di universitas masing- masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: