Perlu Tahu, Begini Cara Tips Memilih Hewan Kurban Bagi Pemula

 Perlu Tahu, Begini Cara Tips Memilih Hewan Kurban Bagi Pemula

RADARLAMPUNG.CO.ID - Membahas tentang hewan ternak tidak Lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan bertemu kembali dengan perayaan hari raya Idul Adha ( Lebaran haji). 

Untuk itu tidak ada salahnya bagi kamu mulai sekarang sudah memikirkan untuk membeli dan memilih hewan kurban dari jauh-jauh hari.

Meski saat ini sedang marak penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau Lato Lato, serta Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak Sapi harus kamu perhatikan betul kesehatan sapi tersebut.

Karena mendekati hari idul adha (Lebaran Haji) disekitar kita Pastinya, akan ada para pedagang hewan kurban, baik yang ada di pinggir jalan raya ataupun di peternakan yang memajang hewan hewan ternak yang siap untuk menjadi  kurban untuk itu pastinya kamu perlu tahu bagaimana cara memilih hewan kurban yang baik dan benar.

BACA JUGA:Viral! Kisah Dua Ayah saat Anak Wisuda, Menangis Karena Dibentak, Lainnya Tersenyum Dipanggil Bro

Dilansir dari berbagai macam sumber berikut cara memilih hewan kurban yang baik dan benar yang sudah di rangkum untuk anda ketahui.

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan memilih Jenis Hewan hewan ternak yang dianjurkan.

Baik itu berupa Sapi, Domba, Kambing, ataupun bisa juga unta.

2. Kemudian Tips selanjutnya Jika kamu sedang mencari hewan untuk di Kurban Pilihlah hewan yang baik dan Sehat sebab kamu haru memastikan semua bentuk fisik dari hewan ternak yang kamu pilih itu sehat.

BACA JUGA:Bukan Masuk Perangkap, Beruang Malah Mendekati Pemukiman

3. Langkah yang ketiga ini harus benar benar kamu perhatikan saat memilih Hewan untuk Kurban pastikan jika hewan yang kamu pilih tidak mengalami kecacatan.

Contohnya, dia sakit pincang, dan matanya buta. 

4. Cara memilih hewan kurban yang baik dan benar yang selanjutnya yang harus kamu bener bener perhatian yaitu dengan memastikan dari usia dari hewan kurban itu.

Seperti untuk kambing dan domba usia cukupnya adalah 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau adalah 22 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: