Iklan Bos Aca Header Detail

Mengenal Apa Itu Siwak dan Macam-macam Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Apa Itu Siwak dan Macam-macam Manfaatnya untuk Kesehatan

Siwak merupakan ranting atau batang yang diambil dari pohon arak yang biasa ditemui di daerah Timur Tengah. (Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Siwak merupakan ranting atau batang yang diambil dari pohon arak yang biasa ditemui di daerah Timur Tengah.

Sebelum sikat gigi dikenal oleh kita saat ini sebagai alat pembersih dari gigi, siwak sudah digunakan untuk menjadi alat bantu di dalam membersihkan mulut secara alami.

Selain itu tanaman ini merupakan salah satu bagian dari sunnah Rasullullah yang mana pada saat itu Nabi Muhammad SAW menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut.

Di Indonesia Siwak cukup terkenal dan Familiar mengingat besarnya masyarakat islam yang ada dan turut memanfaatkan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi sesuai dengan sunnah Rasulullah.

BACA JUGA:Peneliti Temukan Inti Bumi Berputar Mundur, Bagian dari Tanda Kiamat?

Dilansir radarlampung.co.id dari berbagai macam sumber siwak yang dikenal sebagai tanaman herbal membuktikan bahwa manfaat dari siwak untuk kesehatan bukan hanya untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi saja. Namun ada macam macam manfaatnya bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Manfaat dari siwak yang pertama yaitu bisa dapat menghilangkan Bau Mulut. Bau mulut, didalam medis dikenal sebagai halitosis, yang merupakan indikator dari banyaknya masalah pada gigi. 

Dimulai dari makanan yang sangat kuat, hingga penyakit gusi, dan gigi berlubang,

Bau mulut yaitu peringatan jika terjadi sesuatu di dalam mulut anda.

BACA JUGA:Pemprov Bahas Usulan Pj Bupati Tanggamus, Ini Bocoran Kisi-kisi Sosok yang Akan Dilantik

Kurangnya produksi air liur juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. 

Dari Aktivitas antibakteri siwak yang kuat bersama dengan kemampuannya meningkatkan produksi air liur di mulut, adalah obat yang efektif untuk bau mulut

2. Manfaat siwak yang berikutnya yaitu bisa memutihkan gigi. Sebab gigi mungkin bisa menguning di saat makan hal tersebut disebabkan karena asam di dalam makanan bisa merusak enamel gigi dan membuat adanyanya penumpukan plak hingga menjadi berwarna kuning atau hitam.

Nah Menggunakan siwak bisa membantu dalam memperkuat enamel gigi berkat natrium klorida, natrium bikarbonat dan kalsium oksida yang ada di siwak, hal ini juga membuat gigi menjadi lebih putih dan terbebas dari noda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: