Iklan Bos Aca Header Detail

Kerap Jadi Penyebab Kecelakaan, PT KAI Tahun 2023 Tutup 12 Perlintasan Sebidang Liar

Kerap Jadi Penyebab Kecelakaan, PT KAI Tahun 2023 Tutup 12 Perlintasan Sebidang Liar

Ilustrasi perlintasan kereta api sebidang -Sumber foto : Istockphoto.com.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menilai bahwa posisi perlintasan sebidang sangat vital terhadap operasional kereta api.

Perlintasan sebidang ini merupakan perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan. Sehingga rawan terjadi kecelakaan pada perlintasan ini --antara kereta api dengan kendaraan lain. Terutama di perlintasan sebidang yang tidak dijaga.

Executive Vice President (EVP) KAI Divre IV Tanjung Karang Januri mengatakan, masih tingginya tingkat kecelakaan di jalur kereta api, baik di perlintasan sebidang maupun daerah jalur rel KA, menjadi masalah yang harus diperhatikan semua pihak. 

Selama 2023 sampai September ini, PT KAI Divre IV Tanjung Karang mencatat ada 29 insiden antara kereta api dengan kendaraan bermotor dan pejalan kaki di wilayah Divre IV Tanjung Karang. 

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Kemenag Buka Pendaftaran PPPK 2023 untuk 4.057 Formasi Dari Dua Katagori

Rinciannya, 16 kali kejadian dengan kendaraan bermotor di perlintasan sebidang, dan 13 kali kejadian dengan pejalan kaki di jalur kereta api.

Kata Januri, jumlah insiden antara kereta api dengan kendaraan bermotor dan pejalan kaki di wilayah Divre IV Tanjung Karang tahun 2023 ini mengalami penurunan di banding tahun 2022.

Data tahun 2022, terjadi 50 insiden, 27 insiden antara kereta api dengan kendaraan bermotor, dan 23 insiden antara kereta api dengan pejalan kaki.

"Dari data-data ini, kita tidak bisa tinggal diam, harus ada kesepahaman bersama mengenai keselamatan semuanya," ujar Januri.

BACA JUGA:CUKUP Klaim Link DANA Kaget Hari Ini Sabtu 23 September 2023, Dapatkan Kuota Saldo DANA Gratisnya

Lanjut Januri, posisi perlintasan sebidang sangat vital terhadap operasional kereta api.

Di mana kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang tidak hanya mengganggu perjalanan Kereta Api yang terlibat kecelakaan, tetapi juga Kereta Api - Kereta Api lainnya yang melewati jalur tersebut.

Dirinya mencontohkan, kecelakan di perlintasan Kereta Api, seperti kejadian temperan KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja dengan truk bermuatan tebu di perlintasan liar KM 81+0/1 antara Stasiun Blambangan Pagar - Stasiun Kalibalangan.

BACA JUGA:Kode Redeem ML Hari Ini Sabtu 23 September 2023 Berhadiah 35 Marksman Emblem Fragment Mobile Legends

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: