radarlampung.co.id - Banyak alasan yang kadang membuat kita malas mengerjakan sesuatu. Hingga akhirnya kita sendiri merasa terburu-buru saat deadline semakin dekat. Tentu hal ini akan berdampak pada pekerjaan atau tugas yang dikerjakan. Selain panik menghadapi deadline, hasil kerjamu juga tidak akan maksimal. Semuanya dilakukan seadanya demi memenuhi tenggat waktu. Kalau kamu termasuk ke dalam tipe orang yang suka menunda pekerjaan, coba lakukan 5 hal ini agar kamu bisa lebih produktif!
1. Cari alasan kenapa kamu senang menunda pekerjaan
Kamu pasti memiliki alasan di balik sifat yang suka menunda-nunda pekerjaan. Misalnya, kamu menganggap tugas yang diberikan mudah sehingga kamu menganggap enteng dan tidak langsung mengerjakannya. Atau sebaliknya, tugas tersebut terlalu sulit sehingga kamu malas untuk memulai mengerjakan. Setelah mengenali alasan tersebut, kamu bisa evaluasi agar ke depannya kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.2. Buat to do list beserta deadline pekerjaanmu
Membuat daftar rencana dan hal yang harus kamu lakukan menjadi salah satu cara untuk menjadi lebih produktif. Tulislah semua hal penting yang harus kamu kerjakan, jangan lupa sertakan tanggal atau batas waktu pengerjaannya. Setelah itu, kamu bisa mulai mengerjakan tugas satu per satu dimulai dari deadline yang tercepat. Cara ini bisa bikin kamu lebih mudah untuk mengatur waktu sehingga tugas yang dikerjakan tidak akan menumpuk dan membuatmu makin terbebani. Tugasmu bisa selesai sesuai jadwal tanpa ada yang terlupa, deh!3. Ciptakan kondisi ternyaman agar kamu fokus bekerja
Kebiasaan sering menunda pekerjaan umumnya disebabkan karena tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara atau kondisi yang bisa membuatmu fokus dalam bekerja.
Kalau kamu tak bisa bekerja dengan suasana ramai, carilah tempat yang lebih sepi. Atau kamu bisa mendengarkan musik dengan alunan yang menenangkan supaya kamu bisa lebih fokus saat bekerja.