Siswa SD Al Kautsar Setor Hafalan Surah Alquran Tiap Hari

Kamis 11-04-2019,18:43 WIB
Editor : Kesumayuda

Radarlampung.co.id- Melalui program Tahfidzh Quran yang mendatangkan 8 hafiz dan hafizah, siswa SD Al Kautsar setiap hari diminta menyetorkan hafalan surah Alquran.

Salah satu guru tahfiz SD Al Kautsar,  Nurul Hanifah terlihat serius mendengarkan setoran hapalan surat dari siswa. Sesekali, dia membenarkan pelafalan dan tajwid yang salah pengucapan dari siswanya tersebut.

\"Siswa menyetorkan hapalan semampunya,  bagi yang sudah lancar bisa 2-3 surah dalam satu hari. Tapi,  bagi yang masih belum lancar bacannya qurannya, kami pakai sistem talaqqi menghapal 1-2 ayat sehari, \" jelas Nurul saat ditemui di sekolahnya, Kamis (11/4).

Menurut Nurul,  setiap guru tahfiz memegang 6 kelas. Dia sendiri bertanggungjawab terhadap hafalan siswa kelas 1G - 6G.

\"Guru tahfiz yang lain dibagi di kelas 1A-1F,  2A-2F,  begitu semua sampai kelas 6, kalau saya khusus yang rombel G,” ujarnya.

Menurut Nurul, hafalan quran dilakukan per siswa mulai pukul 8.00-14.00 WIB.  Di depan kelas terdapat satu meja dan bangku khusus bagi siswa yang menambah hapalan maupun menyetor hafalan qurannya.

\"Setiap siswa melakukan hafalan sekitar 3 menit. Dalam satu hari bisa sekitar 40 siswa yang bisa saya layani,” tandasnya seraya berkata sudah ada yang memiliki hafalan quran lebih dari satu juz. (gie/kyd)

Tags :
Kategori :

Terkait