Stok Daging di Tanggamus Jelang Ramadan Aman

Rabu 07-04-2021,13:25 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus memprediksi persediaan daging sapi menjelang bulan puasa masih aman. Karena stok ditingkat peternak masih mencukupi.

Kepala Disbunnak Tanggamus Dhani Reza Efriansyah mengatakan, selama ini tidak ada gejolak kekurangan daging menjelang bulan puasa.

Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan antisipasi berkoordinasi dengan pedagang dan pengepul. Dengan begitu, jika ada kekurangan stok, antara pedagang dan pengepul tinggal berkomunikasi.

\"Antara penjual dan pengepul sapi atau blantik ini dari dahulu selalu berkomunikasi. Sehingga bisa kita pastikan stok daging aman,\" kata Dhani Reza.

Kalaupun di Kotaagung kekurangan, mereka akan berkomunikasi. \"Para pengepul dan blantik tersebar di tiap kecamatan,\" sebut dia.

Dhani menjelaskan, stok daging sapi, khususnya di Tanggamus terbantu dengan ikan. Mayoritas masyarakat kabupaten itu hobi mengonsumsi ikan.

Sehingga bisa dipastikan, meski permintaan daging banyak, masyarakat masih bisa menjadikan ikan sebagai pengganti.

Jika stok daging, baik di pengepul dan blantik mengalami kekurangan, maka solusinya mencari sapi ke kabupaten lainnya.

\"Untuk sentra ternak, di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Lampung Timur. Kita juga membeli sapi bukan dalam bentuk daging. Sementara untuk ketersediaan telur, para pedagang membelinya langsung dari Pringsewu,\" paparnya.

Terkait dengan pemantauan sejumlah kebutuhan pokok menjelang bulan puasa mendatang, Disbunnak akan ikut serta bersama-sama dengan dinas lainnya.

\"Leading sektornya di Ekobang. Kita akan turut serta untuk melakukan pemantauan kebutuhan pokok jelang puasa di sejumlah pasar,\" tandasnya. (iqb/ehl/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait