KPU Waykanan Tegaskan Tes PPS Tak Ada Konspirasi dan Nepotisme

Rabu 18-03-2020,12:03 WIB
Editor : Anggri Sastriadi

radarlampung.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Waykanan menegaskan bahwa pelaksanaan tes untuk perekrutan PPS telah dilaksanakan. Namun, terkait dugaan tentang konspirasi ataupun ataupun nepotisme sama sekali tidak berlaku dan tidak terjadi pada petekrutan tersebut.

\"Kalau ditanyakan tentang mengapa ada anggota PPS yang merupakan kakak beradik itu karena memang kami tidak memperhatikan kartu keluarga masing-masing calon PPS. Dan hingga saat ini belum ada pula peraturan yang tidak memperbolehkan kakak beradik untuk menjadi PPS,\" ujar ketua KPU Waykanan Rifki Darmawan, Rabu (18/3).

Lalu untuk hasil tes tertulis hanya untuk pengurutan nilai saja, bukan menentukan diterima atau tidaknya seseorang menjadi PPS, karena para calon PPS tersebut harus melalui berbagai teks lain yang telah ditentukan antara lain wawancara dan tes-tes lainnya. \"Dimana nilai tersebut jumlahnya tidak dikomulatif tetapi masih mempunyai nilai sendiri,\" imbub Refky.

Terpisah, Ketua Bawaslu Waykanan Yesi Karnainsyah menerangkan bahwa pihaknya sejak awal sudah melakukan pemantauan langsung di lapangan dan tidak menemukan kejanggalan.

\"Pada tahapan wawancara Bawaslu Waykanan dan Panwascam yang melakukan pengawasan langsung mencermati kesesuaian KTP dan peserta yang hadir, untuk penilaian hasil wawancara KPU Waykanan yang berkompeten dalam memberikan hasil nilai dan kelayakan peserta. Mulai dari integritas, kecakapan, dan pengalaman sebagai penyelenggara pemilu,\" tandasnya. (sah/ang)

Tags :
Kategori :

Terkait