Tips untuk Tetap Fokus Saat Belajar

Selasa 22-03-2022,19:04 WIB
Editor : Widisandika

RADARLAMPUNG.CO.ID - Belajar memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, terlebih saat mempelajari pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Fokus saat belajar adalah hal utama untuk menyerap apa yang sedang di pelajari sehingga pelajaran pun lebih mudah untuk dipahami. Saat pandemi, anak-anak sekolah maupun kuliah diharuskan untuk belajar di rumah. Saat belajar di rumah, tingkat fokus orang-orang menjadi berbeda dibandingkan saat belajar di kampus atau di sekolah. Selain itu, kondisi di setiap rumah juga berbeda-beda. Beberapa rumah mungkin memiliki lingkungan yang tenang sehingga cocok untuk dijadikan tempat belajar. Namun, beberapa rumah lainnya mungkin tidak memiliki lingkungan yang tepat untuk belajar, sehingga sulit untuk tetap fokus. Yuk, intip beberapa tips untuk tetap fokus saat belajar.

1. Musik yang Menenangkan 

Cara menjernihkan pikiran untuk tetap fokus saat belajar salah satunya adalah menggunakan musik. Musik yang bisa dijadikan alat untuk tetap fokus adalah jenis musik yang tenang dan tidak terlalu keras. Musik yang tenang juga bisa membuat otak dan tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga akan menjaga Anda tetap fokus dalam belajar. Anda bisa mencari instrumen musik yang tepat untuk menemani belajar. Beberapa platform musik menyediakan playlist yang berisi kumpulan instrumen yang cocok untuk dijadikan teman belajar. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus belajar dan mudah memahami apa yang sedang Anda pelajari.

2. Pilih Tempat Belajar yang Nyaman dan Kondusif

Tempat belajar yang nyaman dan kondusif akan membantu Anda untuk tetap fokus. Namun, saat belajar di rumah terkadang banyak kegiatan yang mengganggu fokus dan ketenangan kita untuk belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan tempat yang tenang agar konsentrasi belajar tidak terganggu. Jika dirasa keadaan rumah tidak membantu Anda untuk tetap fokus, Anda bisa pergi ke perpustakaan atau kafe yang memiliki lingkungan yang tenang. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi merasa terganggu saat sedang belajar. Selain itu, perpustakaan atau kafe yang tenang biasanya memiliki internet gratis bagi pengunjung. Hal ini bisa membantu Anda dalam melakukan pencarian terhadap apa yang ingin dipelajari.

3. Belajar Saat Pagi Hari 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa belajar saat pagi hari membuat otak lebih segar dan fokus. Belajar di pagi hari bisa menghindari Anda dari kebisingan jika dibandingkan saat belajar pada siang hari atau malam hari. Selain itu, belajar saat pagi hari juga membuat Anda tidak mengantuk sehingga sangat cocok untuk dijadikan waktu untuk membaca pelajaran. Anda bisa belajar mulai dari pukul 4-6 pagi. Di waktu-waktu tersebutlah sangat jarang ada kebisingan yang mengganggu konsentrasi. Jika merasa sulit untuk bangun pada dini hari, Anda bisa memanfaatkan alarm dan mengaturnya pada pukul tersebut. Hal ini membuat Anda bisa terbangun tepat pada jam yang sudah diatur. Namun, untuk mengakali supaya tidak mengantuk dan jadi tidak fokus, Anda bisa mengatur jadwal tidur yang lebih awal pada malam sebelumnya.

4. Persiapkan Perlengkapan Belajar

Meja belajar yang sempit tentu akan membuat Anda tidak nyaman saat belajar. Fokus akan mudah buyar saat Anda harus menggeser barang yang mengisi meja. Sebelum belajar, alangkah baiknya untuk mempersiapkan peralatan belajar yang dibutuhkan. Taruhlah barang-barang yang akan di pakai sebagai alat untuk belajar seperti buku, tempat pensil, dan laptop. Jangan membawa terlalu banyak buku yang tidak akan Anda buka dan ada baiknya untuk mengisi daya baterai dari laptop yang akan digunakan supaya bisa dipakai lebih lama. Dengan mempersiapkan barang-barang untuk belajar, Anda bisa dengan tenang dan fokus untuk belajar tanpa ada gangguan.

5. Non Aktifkan Ponsel

Salah satu hal yang paling sering mengganggu konsentrasi adalah media sosial. Adanya notifikasi media sosial dari ponsel bisa membuat fokus dan konsentrasi Anda buyar. Waktu belajar akan lebih sering terbuang akibat distraksi ponsel dan malah lebih fokus membuka media sosial. Untuk menambah fokus dalam belajar, Anda bisa mematikan ponsel untuk mencegah rasa penasaran akan notifikasi dari media sosial. Dengan mematikan ponsel juga membuat Anda lebih nyaman belajar tanpa gangguan. Belajar memang membutuhkan banyak fokus agar bisa dengan mudah dalam mencerna pelajaran. Itulah 5 tips untuk tetap fokus dalam belajar yang bisa mulai diterapkan. Semoga bermanfaat ! (*)
Tags :
Kategori :

Terkait