Manfaatkan Belanja Daerah Dengan Berpedoman Pada Tiga Hal

Kamis 03-06-2021,18:35 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mendorong Pemkab Pringsewu untuk selalu memanfaatkan belanja dengan menganut tiga hal.

\"Prinsip akuntabilitas, efektif dan efisien perlu diterapkan oleh pemkab,\" kata Ketua Fraksi PKS Homsi Wastobir pada rapat paripurna DPRD Pringsewu terkait raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020,

Hal ini harus dilakukan terkait capaian kinerja realisasi belanja daerah tahun anggaran 2020. Di mana, capaian belanja yang pada kisaran 94,13 persen dari target.

\"Dengan lebih mengutamakan pemenuhan belanja yang bersifat mengikat daripada reguler atau rutin,\" tegasnya.

Selain itu, terus Homsi, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mendorong Pemkab Pringsewu mengakomodasi aspirasi masyarakat melalui belanja tidak langsung sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

\"Kami mendorong pelaksanaan kegiatan yang berbasis peran serta masyarakat sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah,\" pesannya.

Terkait Silpa tahun anggaran 2020 sebesar Rp44.929.727.619.62, harapannya agar lebih memprioritaskan peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersifat wajib. Di antaranya  pelayanan pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. (sag/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait