Unila Luncurkan Aplikasi Sikebas

Rabu 12-01-2022,19:55 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) meluncurkan Sistem Informasi Keringanan dan Bebas Uang Kuliah (Sikebas).

Aplikasi ini untuk memaksimalkan manajemen pengolahan data dan pelayanan utama dalam pengajuan keringanan UKT.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., mengungkapkan, aplikasi Sikebas Unila tak hanya memberi kemudahan dalam mengajukan keringanan dan bebas uang kuliah bagi mahasiswa.

Namun juga mempermudah proses monitoring serta evaluasi ajuan dari pihak fakultas maupun rektorat, sehingga lebih efektif dan efisien.

\"Jadi, mahasiswa yang ingin mengajukan keringanan tidak lagi membawa berkas. Mereka cukup mengajukan via online. Setelah itu proses pengajuan dilakukan secara bertahap. Mulai dari tingkat fakultas hingga rektorat,” kata Prof. Asep Sukohar, Rabu(12/1).

Selain beralih ke sistem digital, keuntungan lain dari aplikasi Sikebas Unila antara lain, pengajuan akan difilter sejak awal sehingga tidak terjadi pengajuan berulang.

\"Sistem ini memungkinkan menunjukan potensi kehilangan uang dari proses pengajuan tersebut,\" urainya.

Untuk semakin mengoptimalkan aplikasi tersebut, Asep meminta wakil dekan bidang umum dan keuangan dari masing-masing fakultas memberi masukan agar sistem yang baru diluncurkan ini dapat berjalan maksimal.

\"Termasuk bagaimana menyosialisasikan aplikasi ini kepada mahasiswa pada tiap-tiap fakultas. Sebagai informasi, penerapan keringanan UKT pada sistem Sikebas Unila akan diberlakukan mulai 12 Januari hingga 14 Februari 2022 melalui laman sikebas.unila.ac.id,\" sebut dia. (mel/rls/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait