Modal Program Unggulan, Pekon Sukanegeri Jaya Optimistis Terbaik dalam Lomba BBGRM

Rabu 24-04-2019,21:04 WIB
Editor : Alam Islam

radarlampung.co.id - Kelebihan yang dimiliki Pekon Sukanegeri Jaya, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus menjadikan aparat pekon optimistis wilayah itu menjadi yang terbaik dalam  lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XVI tingkat provinsi. Di mana, pekon ini memiliki program yang tidak ada di tempat lain.

Dalam pemaparannya dihadapan tim penilai, Kepala Pekon Sukanegeri Jaya Ahmad Siaruddin menerangkan, wilayah yang dipimpinnya memiliki sejumlah program unggulan terkait peningkatan perekonomian masyarakat.

Antara lain Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Unit Bagus Jaya yang bergerak dalam pembuatan golok dan alat pertanian serta Unit Sugih Hati bergerak di sektor jasa keuangan. Keberadaan unit ini membantu masyarakat dalam transaksi pembayaran listrik, menabung, tarik tunai dan lain lain.

\"Selanjutnya Unit Suka Chips yang bergerak di bidang pembuatan keripik pisang dan Unit Putri Ayu di bidang pembuatan kerajinan seni budaya,\" papar Ahmad Siaruddin dihadapan tim penilai lomba BBGRM tingkat provinsi yang dipimpin Yulia Megaria, Rabu ( 24/4).

Ahmad Siaruddin menambahkan, di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, Pekon Sukanegeri Jaya memiliki dua pos kamling yang dibangun atas swadaya masyarakat. Selanjutnya bidang lingkungan hidup, ada program gotong royong masyarakat untuk membersihkan jalan desa dan lainnya.

\"Kemudian tong sampah di setiap jalan. Ada TPS sementara yang dibangun melalui dana desa,\" kata dia.

Dalam bidang inovasi desa, Pekon Sukanegeri Jaya telah melakukan inovasi pelayanan administrasi. Yakni melalui aplikasi ADES. Warga cukup membawa foto kopi  KTP, maka seluruh  pelayanan akan selesai dalam waktu 5 menit.

\"Kita juga menggratiskan internet desa melalui internet RT/RW, ada website desa, pembuatan pot bunga dari bahan bekas dan lain lain,\" sebut Ahmad.

Sementara Asisten III Firman Ranie mewakili Bupati Dewi Handajani menambahkan, sebelum ditetapkan mewakili Tanggamus, Pekon Sukanegeri Jaya telah melalui berbagai penilaian. Hasilnya, pekon ini sangat layak menjadi wakil kabupaten dalam lomba BBGRM tingkat provinsi.

\"Kami berharap Sukanegeri Jaya dapat menjadi pekon terbaik dalam lomba BBGRM tingkat provinsi 2019,\" kata Firman Ranie.

Pada bagian lain, ketua tim penilai lomba BBGRM tingkat provinsi Yulia Megaria mengatakan, ada beberapa aspek yang akan dinilai dan terangkum dalam 29 indikator.

\"Dalam penilaian lomba BBGRM ini, kami mengutamakan kesesuaian dan kecocokan antara data yang dikirim dengan kondisi rill di lapangan,\" kata Yulia. Yulia menuturkan, melalui nilai-nilai gotong royong yang diterapkan di desa, banyak keberhasilan pembangunan yang dicapai. Ini ditunjukkan dengan perbaikan beberapa indikator makro. (ehl/ais)
Tags :
Kategori :

Terkait