Vicon Dengan Camat, Bupati Dewi Handajani Perintahkan Sosialisasi Imbauan Pemerintah

Jumat 24-04-2020,17:15 WIB
Editor : Alam Islam

radarlampung.co.id - Usai video conference (Vicon) dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama Wakil Bupati, Forkopimda dan Sekkab Tanggamus kembali melakukan Vicon dengan seluruh camat.

Bupati menyampaikan agar camat menyosialisasikan imbauan pemerintah terkait pelaksanaan Ramadan dan Idul Fitri ke jajaran dibawahnya.

\"Camat dan kepala pekon sampai tingkat RT atau dusun, saya minta untuk menyosialisasikan dan mengimbau masyarakat di wilayahnya agar mematuhi imbauan yang ada. Baik melalui banner yang dipasang di sejumlah tempat atau media sosialisasi lainnya,\" kata Dewi.

Beberapa poin yang harus dipatuhi di antaranya tarawih, tadarus dan buka puasa dengan keluarga di rumah. Lalu tidak menggelar sahur dan takbiran keliling.

Selanjutnya, silaturahmi Idul Fitri dari rumah. Petugas amil zakat memakai alat pelindung diri dan patuhi anjuran pemerintah.

\"Kita harus mencegah agar jangan sampai ada korban di daerah kita. Kita tingkatkan kesiapsiagaan. Sekecil apapun gejalanya, mohon dapat dipantau. Libatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat,\" tegas Dewi.

Ia juga menekankan kepada para camat, agar pendataan calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) dilaksanakan dengan baik. Tanggamus mendapatkan kuota BLT dari pemerintah sebanyak 34.000 KK. Demikian juga dengan BLT yang dialokasikan dari dana desa dengan jumlah 49.517 KK.

\"Inilah saatnya kita membantu masyarakat. Saya ingin ini disikapi dengan serius. Gugus Tugas Pekon diberdayakan,\" tandasnya.

Untuk pekon yang masih bermasalah APB Pekon-nya, khusus untuk BLT tetap dapat dicairkan.

Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto menambahkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Yakni jaga jarak, tidak berkerumun, pakai masker dan sering cuci tangan pakai sabun, serta tetap  menjaga kondusifitas di kabupaten itu.

\"Kita harus mengimbau dan melakukan langkah-langkah antisipatif terkait hal itu. Dengan melibatkan para kiai, tokoh agama dan lainnya. Pasar juga harus diantisipasi, jaga jarak, social distancing,\" sebut dia.

Ketua DPRD Heri Agus Setiawan menyampaikan agar camat memastikan Gugus Tugas Covid di Pekon melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu ia mengimbau agar warga membeli kebutuhannya di Tanggamus agar menggerakkan perekonomian. (rls/ehl/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait