Wali Kota Bukit Tinggi Kunjungi Pringsewu, Kaji Banding Program Kabupaten Sehat

Selasa 28-09-2021,15:15 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Keberhasilan Pringsewu meraih penghargaan Swasti Saba Padapa sebagai Kabupaten Sehat, menarik perhatian pemerintah daerah lainnya. Termasuk Pemerintah Kota Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Wali Kota Erman Safar dan Ketua Forum Kota Sehat Bukit Tinggi Fiona beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Pringsewu.

Rombongan disambut Bupati Sujadi Saddat dan Ketua Forum Kabupaten Pringsewu Sehat Nurrohmah di kantor pemkab, Selasa (28/9).

Dalam pemaparannya, Wali Kota Bukit Tinggi Erman Safar mengatakan, kunjungan tersebut untuk melakukan kaji banding pelaksanaan program Kabupaten/Kota Sehat dan Kesehatan Lingkungan di Pringsewu.

\"Kami ingin mengetahui dan mempelajari, strategi apa saja yang dilakukan Pemkab Pringsewu guna mewujudkan Kota atau Kabupaten Sehat,\" kata Erman Safar.

Termasuk implementasinya dan bagaimana upaya merubah perilaku masyarakat agar menyadari pentingnya hidup sehat.

Erman mengungkapkan, ada beberapa kesamaan antara Bukit Tinggi dan Pringsewu. \"Hanya untuk di Bukit Tinggi, dalam versi mini,\" sebut dia.

Sementara Bupati Sujadi Saddat mengatakan, beberapa komponen sanitasi total dijalankan Pemkab Pringsewu untuk menjamin keberlanjutan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Di antaranya dengan penciptaan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan dan penyediaan sanitasi.

\"Upaya yang dilakukan di antaranya dengan jihad sanitasi, gebrak ODF, satgas ODF, tentara jamban, polisi sanitasi, ustadz jamban, shalawat STBM, paguyuban Jamban Sewu dan program Genosida atau Gerakan One House One Losida,\" papar Sujadi. (sag/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait