Cegah Covid-19, PLN Perlakukan Baca Meter Mandiri

Minggu 26-04-2020,16:59 WIB
Editor : Anggri Sastriadi

radarlampung.co.id – Sehubungan dengan pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19, PLN memberlakukan Baca Meter Mandiri kepada seluruh Pelanggan Pascabayar. Adapun, Baca Meter Mandiri merupakan pencatatan dan pengiriman angka kWh Meter yang dilakukan sendiri oleh Pelanggan Pascabayar melalui media yang telah ditentukan oleh PLN. Antara lain melalui Aplikasi Whatsapp sesuai dengan hari baca yang telah ditetapkan. Manager Mekanisme Niaga dan Revas, Eki Putra mengatakan, pembacaan meter mandiri ini dibutuhkan untuk mendapatkan angka sesuai kondisi faktual di lapangan yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan rekening listrik pelanggan. Kegiatan ini disarankan kepada seluruh Pelanggan Pascabayar kecuali pelanggan dengan layanan AMR (Automatic Meter Reading), yaitu layanan pembacaan stand meter otomatis jarak jauh secara online dan realtime. “Baca Meter Mandiri dapat dilakukan pelanggan mulai pemakaian bulan April 2020 sesuai dengan hari baca yang telah ditentukan PLN dan Pada Bulan ini dapat dimulai tanggal 23 April sampai dengan 30 April 2020,” kata Eki Putra. Pelanggan dapat menghubungi PLN melalui Whatsapp Messenger PLN 123 melalui nomor 08122-123-123. Ketik “Halo”, kemudian Ketik 2 untuk melakukan Baca Meter Mandiri, pelanggan dapat membaca informasi yang muncul, lalu masukkan ID Pelanggan. Jika ID Pelanggan dan hari baca sudah sesuai silahkan ketik angka stand kWh meter, ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas), selesai, PLN akan melakukan verifikasi data yang telah pelanggan kirimkan. “Apabila pelanggan tidak dapat melakukan atau menyampaikan hasil Baca Meter Mandiri, maka pemakaian listrik akan diperhitungkan melalui pemakaian rata-rata 3 (tiga) bulan sebelumnya,“ tandasnya. Selanjutnya, untuk mendapatkan kemudahan informasi dan layanan, pelanggan dapat menghubungi Contact Center di nomor telepon (0721) 123, atau bisa juga melalui website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123. Untuk mendapatkan Informasi terkait jadwal pengurangan beban, pelanggan dapat melihat di Facebook PLN Distribusi Lampung dalam info pemeliharaan. (ega/rls/ang)

Tags :
Kategori :

Terkait