Daihatsu Berbagi Kebahagiaan Bersama Penderita Thalasemia

Rabu 11-09-2019,14:50 WIB
Editor : Kesumayuda

radarlampung.co.id - Astra Daihatsu cabang Ahmad Yani, Bandarlapung menggelar acara Funday Daihatsu Peduli Thalasemia, di Slanik Water Park, Rabu (11/9). Ini merupakan rangkaian kegiatan bidang kesehatan dari program corporate social responsibility (CSR) Daihatsu Peduli Thalasemia 2019.

Kepala Cabang Astra Daihatsu Lampung Andrianto Saudin mengatakan, dalam acara Funday Daihatsu Peduli Thalasemia tersebut, pihaknya sengaja mengajak para penderita thalasemia untuk sejenak melupakan rasa jenuh dari rutinitas seputar cuci darah dan pengobatan.

”Tujuannya memang untuk mengajak mereka berbagi kebahagian. Karena selama ini mungkin mereka hanya berkutat di rumah, rumah sakit, dokter dan jarum suntik. Jadi kita ingin ajak mereka keluar sejenak dari rutinitas yang menjenuhkan tersebut untuk bersenang-senang,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Rabu (11/9).

Ia menambahkan, penderita Thalasemia di Lampung sendiri cukup banyak. Beberapa yang datang dalam kegiatan ini bahkan ada yang berasal dari Pagelaran, Waykanan dan beberapa daerah lain di luar Bandarlampung.

“Kemudian memang mereka yang datang ada jadwal untuk transfusi, jadi sekalian kita ajak jalan-jalan semuanya,” tambahnya.

Lebih jauh, Andrianto mengatakan, kegiatan Daihatsu Peduli Thalasemia sendiri merupakan program dua tahun sekali yang secara rutin diselenggarakan Daihatsu. Kegiatan ini digelar selama tiga hari yakni pada tanggal 5, 11 dan 12 September dengan agenda yang berbeda-beda.

Pada tanggal 5 September lalu, sambung dia, Daihatsu telah lebih dulu mengadakan sosialisasi tentang penyakit thalasemia kepada perwakilan 26 SMK se-Bandarlampung. Kemudian di tanggal 12 September, pihaknya akan melakukan screaning terhadap keluarga penderita Thalasemia di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Muluk (RSUDAM).

”Tanggal 12 September, kita ada screaning untuk mengetahui apakah mereka (keluarga oenderita thalasemia) juga ada yang terkena Thalasemia atau tidak. Screaningnya dilakukan di Abdul Muluk dengan menggandeng dokter-dokter yang ada di sana,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassaemia Indonesia (POPTI) Lampung Fajar Sidik mengungkapkan rasa terimakasih kepada Daihatsu yang telah menggelar kegiatan dan memberikan support kepada para penderitaan thalasemia, khususnya di Lampung.

”Kami mengucapkan terimakasih kepada Daihatsu yang memberikan support mulai dari Rumah Singgah, Screaning dan lain-lain. Setiap tahun ada yang diberikan kepada kita, sementara perusahaan lain belum ada yang cukup perduli pada penderita Thalasemia, khususnya di Lampung,” tandasnya. (ega/kyd)

Tags :
Kategori :

Terkait