Pesawaran Terima APE 2020 Katagori Pratama

Rabu 13-10-2021,15:15 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pesawaran menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 katagori pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (13/10).

APE diberikan kepada pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Ada empat katagori penerima APE, yaitu pratama (pemula), madya (pengembang), utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan mentor.

\"APE diberikan setiap dua tahun, sejak 2006. Ini merupakan ukuran melihat kemajuan pembangunan berorientasi kepada keadilan gender yang dilakukan Kementerian,  lembaga dan pemerintah daerah,\" kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga saat memberikan sambutan dalam penyerahan yang berlangsung virtual.

Dijelaskan, penghargaan APE 2020, mengalami perubahan jadwal karena pandemi virus Corona. Terdapat 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi dan 296 kabupaten/kota yang menerima PE.

\"Tentu harapannya, dapat meningkat di tahun-tahun yang akan datang,\" harapnya.

Pemantauan dan evaluasi terhadap strategi pelaksanaan pengarusutamaan gender di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan penilaian.

Pemberian APE sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Asean Ministerial Meeting on Youth ke-4 dan Indonesia menjadi tuan rumah

\"Kami berharap praktik-praktik, baik dalam pengarusutamaan gender menjadi sarana pembelajaran bersama dengan negara-negara ASEAN, dan meningkatkan kualitas pengarusutamaan gender di Indonesia kedepannya,\" pungkasnya. (ozi/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait