PPDB SMP Hari Pertama, Banyak Orang  Tua Pilih Offline

Senin 28-06-2021,17:25 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNGCO.ID - Sejumlah orang tua mendatangi sekolah dan mendaftar langsung pada hari pertama penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP di Bandarlampung, Senin (28/6).

Berdasar pantauan Radarlampung.co.id, kondisi tersebut salah satunya terlihat di SMPN 2, Jalan Pramuka, Rajabasa. Banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya secara langsung.

Ada orang tua yang meminta bantuan petugas karena jaringan website sulit diakses dari rumah. Kemudian datang langsung karena tidak mengerti jalur dalam jaringan tersebut.

\"Iya, nggak bisa pake komputer. Susah jaringannya. Jadi ke sini bawa anaknya. Minta kasih tahu gimana caranya (mendaftar). Lumayan nggak ngerti juga,\" kata Aminah (38), warga Rajabasa.

Sementara Desti (41), warga Bukit Kemiling Permai mengantarkan anaknya mendaftar melalui jalur prestasi. Sang anak langsung menjalani tes.

\"Nggak begitu sulit kayak SMA ya. Jalur prestasi sempat membingungkan. Kalau ini, anak saya milih di sini. Sekarang daftar, terus langsung tes prestasi. Kebetulan menghafal satu juz yakni juz ke-30,\" ujarnya.

Kepala SMPN 2 Bandarlampung Badrun mengatakan, PPDB tahun ini, pihaknya menyediakan kuota sebanyak sembilan kelas.

\"Hari ini berjalan lancar, sesuai dengan mekanisme oleh Permendikbud 1 tahun 2021 dan Perwali, juga juknis dari Disdikbud. Harapannya, situasi pandemi ini, orang tua mendaftar online. Tetapi banyak yang offline. Tetap kita layani. Karena mungkin terkendala jaringan atau ketidaktahuannya,\" kata Badrun.

Menurut Badrun, ketidakstabilan jaringan pada hari pertama adalah hal yang wajar dan bisa diatasi. \"Namanya jaringan itu, loading sebentar, kemudian bagus lagi. Wajarlah, namanya buatan manusia,\" tegasnya.

Dilanjutkan, hari pertama, peminat jalur pretasi cukup banyak. \"Ya, yang prestasi langsung tes hari ini. Banyak peminat,\" sebut dia. (mel/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait