Rektor UIN Lampung Sampaikan Greencampus di IAIN Surakarta

Sabtu 09-11-2019,17:50 WIB
Editor : Kesumayuda

radarlampung.co.id - Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh. Mukri menghadiri public lecture di IAIN Surakarta. Ia menyampaikan presentasi yang diberi judul Kampus Berkelanjutan, Masa Depan Berkelanjutan, Kamis (7/11) lalu.

Pada kesempatan itu, Prof. Mukri menyampaikan pengalamannya tentang pengembangan kampus berwawasan lingkungan. Melalui keikutsertaan dalam UI Greenmetric World University Ranking, kampus-kampus secara tidak langsung sudah berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (SGD\'s) yang merupakan Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dideklarasikan pada tahun 2015 lalu.

Menurut Prof. Mukri, pengembangan ekokampus, greencampus atau kampus hijau dapat terwujud jika kampus memiliki visi yang jelas tentang lingkungan, menerapkannya dalam seluruh aktivitas kampus dan mempromosikannya dalam skala regional dan global.

\"Dan UIN Raden Intan Lampung memiliki visi yang jelas tentang lingkungan, yakni terwujudnya UIN Raden Intan Lampung sebagai rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035\",\" katanya.

Ia menabahkan, UIN Raden Intan Lampung juga telah menerapkan ecokampus baik dari sisi penataan infrastruktur, pengelolaan sumberdaya air, limbah, penggunaan energi terbarukan, transportasi dan pendidikan serta penelitian. Sedangkan dari sisi promosi, universitas telah mempromosikan pengembangan kampus berawawasan lingkungan baik dalam skala daerah, lingkungan perguruan tinggi keagamaan, pesantren, bahkan dalam skala nasional.

\"UIN Raden Intan Lampung mempunyai target di akhir tahun 2019 terjadi peningkatan performa keberlanjutan dan internalisasi visi pada civitas akademika. Kemudian, menjadi destinasi wisata pendidikan, masuk peringkat sepuluh besar nasional dalam penilaian UI Greenmetric World University Rankings serta merintis metrik hijau untuk pesantren dan madrasah berkelanjutan,\" tandas Guru Besar Ushul Fiqh tersebut. (rls/rur/kyd)

Tags :
Kategori :

Terkait