Hindari Kerugian, PLN Andalkan Tim PDKB

Kamis 08-08-2019,15:50 WIB
Editor : Kesumayuda

Radarlampung.co.id - Setiap tahunya, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung menyelamatkan listrik dalam jumlah kWh (Kilo Watt Hour) dengan bantuan pasukan khusus yang terlatih untuk melakukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Tahun 2018 lalu, pasukan yang diberi nama Tim PDKB tersebut telah berhasil menyelamatkan listrik 6.408.492 kWh atau setara Rp 7.147.705.935. Sedangkan di tahun 2019 hingga bulan Juli, tim PDKB telah menyelamatkan kWh sebesar 2.636.555 kWh atau setara Rp 2.861.075.645.

Plt. Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung, Junarwin menjelaskan, Tim PDKB memiliki tugas khusus untuk melakukan pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah sebesar 20 kVA. “Tim PDKB ini dibentuk untuk meningkatkan keandalan jaringan di Provinsi Lampung,” kata Junarwin, Kamis (8/8).

Dijelaskannya, Tim PDKB melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik. Pasukan tersebut melakukannya tanpa memadamkan aliran listrik.

Sebagai Pasukan Khusus, Tim PDKB wajib memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan. Peralatan Kerja PDKB rutin diperiksa baik dari kelengkapan, kualitas, dan keandalan alat-alat yang digunakan.

Kemudian, Tim PDKB juga wajib melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, Fisik dan Psikis Tim juga sangat diperhatikan, mengingat tingginya resiko pekerjaan dari segi tegangan listrik dan ketinggian lokasi pekerjaan. (Ega/rls/kyd)

Tags :
Kategori :

Terkait