Sambangi Posko Covid-19, Anggota DPRD Lampung Ini Sentil Soal Alat Rapid Test

Minggu 19-04-2020,11:28 WIB
Editor : Widisandika

radarlampung.co.id-Anggota DPRD Provinsi Lampung Mukhlis Basri angkat bicara soal kesigapan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam mencegah covid-19. Sampai Minggu (19/4), Tanggamus masih dalam wilayah zona hijau.

\"Kalau dilihat hampir semua pekon ada Posko Satgas Penanggulangan Virus Corona dan dipintu gerbang pintu masuk Kabupaten Tanggamus yakni di Pugung juga ada posko dimana pendatang yang dari luar daerah diperiksa kesehatannya kemudian didata. Ini bagus dan sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP),  peralatan juga sudah cukup baik,\" ujar Mukhlis.

Namun, mantan Sekkab Tanggamus itu juga mengkritik ketiadaan alat rapid test di posko Pugung. Padahal, lanjutnya, alat tersebut sangat penting.

“Zona hijau ini harus dipertahankan, pemkab tidak boleh lengah, apalagi jelang lebaran nanti adanya gelombang mudik. Ini yang harus disiapkan, perantau dari zona merah harus betul-betul dipantau. Apalagi sekarang ada orang tanpa gejala (OTG) tahu-tahu positif covid-19, maka dari itu rapid test seharusnya ditempatkan diposko Pugung, apalagi baru-baru ini pemerintah provinsi membantu alat rapid test bagi Tanggamus, \"ucap Mukhlis.

Menanggapi kritik Mukhlis tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus, Ediyan M. Thoha mengatakan bahwa alat rapid test itu adalah bantuan dari Pemprov Lampung. Dan saat ini berada di RSUD Batin Mangunang. Pemilihan penempatan di RSUD Batin Mangunang karena selaku fasilitas kesehatan rujukan sementara.

\"Kalau ada masyarakat yang menunjukkan gejala Corona maka langsung dirujuk ke RSUD Batin Mangunang, disanalah baru dilakukan pemerintahan dengan rapid test, \"ujar Ediyan. (ral/rnn/ehl/wdi)

Tags :
Kategori :

Terkait