UTI Tingkatkan Kompetensi Public Speaking Bagi Pengurus OSIS DAN Pramuka SMKN SPP

Selasa 16-08-2022,18:31 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Alam Islam

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia menggelar latihan dasar kepemimpinan dengan tema Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter Menuju Generasi Unggul di SMKN SPP Lampung, Lampung Selatan. 

Kegiatan dalam rangkaian pengabdian kepada masyarakat (PKM) program sekolah binaan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan softskill pengurus OSIS dan Pramuka.

Kepala SMKN SPP Lampung Junaina menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah pelatihan untuk mengubah dan mentransformasikan diri supaya menjadi pemimpin yang berkualitas bagi organisasi. 

"Soft skill yang sangat berperan penting untuk mendukung adalah kemampuan berkomunikasi yaitu public speaking," kata Jumaina.

BACA JUGA: Universitas Teknokrat Indonesia Masuk 15 Besar Nasional Versi Unirank

Melalui program PKM sekolah binaan, Rusliyawati selaku ketua pelaksana memaparkan bahwa peserta pelatihan diharapkan dapat menjadi seorang pembawa acara professional yang lebih dinamis. 

"Melalui pelatihan public speaking, peserta mempelajari bagaimana bersikap sebagai seorang master of ceremony (MC) dan moderator. Menggunakan kekuatan suara dan intonasi saat membawakan acara, mendayagunakan gerak dan bahasa tubuh yang tepat, berbicara dengan penuh inspirasi dan memukau," kata  dosen UTI yang menjadi pemateri Muhammad Fithratullah. 

Selain itu, peserta juga dibimbing dengan berbagai teknik dan tips untuk menghilangkan ketakutan berbicara di depan umum. Kemudian mencairkan suasana dan memberikan warna pada acara yang berlangsung. 

Di sana juga diberikan penjelasan apa sàja yang dapat dilakukan dengan mencari info mengenai bidang ilmu yang dibahas, materi narasumber, serta drafting. 

BACA JUGA: Rilis Webometrics, Universitas Teknokrat Indonesia Peringkat 55 Nasional

Setelah matang akan persiapan, selanjutnya adalah show time berupa teknis, greeting, content dan closing. 

"Apabila kemampuan public speaking sudah terpegang, maka menjadi moderator, merupakan hal yang mudah," ujarnya.

Sementara Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Mahathir Muhammad mengatakan, kemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki sebagai pengurus OSIS dan pramuka yang sering melaksanakan acara-acara diskusi. Baik internal maupun eksternal sekolah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diinisiasikan Universitas Teknokrat Indonesia yang beranggotakan dosen yaitu Rusliyawati, Muhammad Fithratullah, Tien Yulianti, Erliyan Redy Susanto, dan Agus Wantoro, serta tim mahasiswa Sistem Informasi yaitu Bagus Sifak Udin, dan Rahma Shafiyah. 

BACA JUGA: Kepala LLDikti Wilayah II Apresiasi Prestasi Internasional Universitas Teknokrat Indonesia

Kategori :