Fraksi Gerindra DPRD Lampung Selatan Ajak Masyarakat Ciptakan Ketentraman dan Ketertiban Umum

Jumat 28-10-2022,12:00 WIB
Editor : Alam Islam

LAMPUNG SELATAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Anggota DPRD Lampung Selatan daerah pemilihan (Dapil) 5 dari PKS Gerindra Amelia Ananda menggelar sosialisasi peraturan daerah (Sosper) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Sosialisasi peraturan daerah (Sosper) kali ini mengenalkan Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat dipusatkan di Desa Marga Agung, Jumat 28 Oktober 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Marga Agung itu dihadiri kepala desa, BPD, Babinsa, tokoh agama, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Amelia Ananda mengungkapkan, sosialisasi perda bertujuan menjelaskan produk hukum tentang peran serta masyarakat untuk mengenali tata tertib tempat hiburan dan keramaian.

“Beda halnya dengan reses, yang tujuannya untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait pembangunan desa yang menggunakan anggaran pemerintah daerah,” kata Amelia Ananda.

Anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi Gerindra tersebut mengatakan, sosialisasi peraturan daerah bertujuan agar masyarakat mengetahui payung hukum dan dasar hukumnya yang tercantum dalam Perda Nomor 3 Tahun 2020. 

”Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban, keamanan dan saling bergotong-royong antar sesama,” sebut dia.

“Mengingat tahun depan adalah tahun politik, agar masyarakat senantiasa hidup guyub dan rukun tanpa mudah terprovokasi berita apapun. Karena apalah arti dari menegakkan demokrasi jika persatuan dan kesatuan tidak kita miliki,” tandasnya.

Dilanjutkan, pada Bab I pasal 1 Perda Nomor 3 Tahun 2020 menjelaskan, dalam kehidupan atau lingkungan sehari-hari di antaranya ketertiban umum adalah suatu keadaan di mana pemerintah dan rakyat dapat melakukan kegiatan secara tertib dan teratur. 

Ketentraman masyarakat adalah suatu keadaan di mana pemerintah dan rakyat dapat melakukan kegiatan secara aman, nyaman dan tenteram. (*)

 

Kategori :