Stok Beras di Metro Aman, Masyarakat tak Perlu Khawatir

Kamis 19-01-2023,20:30 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Anggri Sastriadi

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Ketersediaan beras di Kota Metro dipastikan aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan setiap tahun, selalu ada surplus sekitar 3000 ton beras.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Heri Wiratno mengatakan, stok beras di Kota Metro dipastikan aman. Setiap tahun, hasil panen di Kota Metro mencapai 18 ribu ton beras. 

Sedangkan, kebutuhan beras masyarakat Kota Metro di angka 15 ribu ton beras.

"Ada juga cadangan beras di Bulog, 100 ton yang ada di 66 lumbung," katanya Kamis 19 Januari 2023. 

BACA JUGA:Marak Pabrik Tobong Arang, DLH Mesuji Segera Buat Surat Edaran

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Metro terus melakukan upaya untuk menjaga beras tetap tersedia. Salah satunya dengan pengendalian hama dan gerakan percepatan tanam.

Pengendalian hama dilakukan agar hasil panen petani di Kota Metro bagus dan berkualitas.

Kemudian, lanjutnya, gerakan tanam pangan yang digerakkan Pemerintah Kota Metro melalui program penanaman cabai di pekarangan rumah masyarakat dengan membagikan sekitar 22 ribu bibit cabai.

"Jadi 22 ribu bibit cabai itu diberikan kepada masyarakat. Agar dapat ditanam di sekitar rumahnya," imbuhnya.

BACA JUGA:Baksos Donor Darah, SMAN 9 Bandar Lampung Sumbang 228 Kantong

Ia menambahkan, selain beras, Pemkot Metro juga kerjasama dengan daerah lain guna menjaga ketersediaan komoditi lainnya. Antara lain bawang merah, cabai maupun sayuran.

"Kita bekerja sama dengan daerah lain untuk memenuhi komoditas lainnya. Agar ketersediaan barangnya tetap terjaga," pungkasnya. (*)

 

 

Kategori :