Nauzubillah! Ternyata Ini Golongan yang Akan Ikut Dajjal Menebar Fitnah di Akhir Zaman

Rabu 17-05-2023,15:00 WIB
Reporter : Ajeng Monika Selis
Editor : Alam Islam

Para tukang sihir itu akan berjalan di depan dajjal dengan membawa kebohongan dan kedustaan serta ikut menyebarkan fitnah ke seluruh semesta.

4. Setan

Dalam persoalan dajjal, ada setan-setan yang dipenjarakan di laut oleh Nabi Sulaiman AS. Yang konon akan keluar dan membacakan sesuatu kepada manusia.

BACA JUGA:Ini Nama 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijamin Masuk Surga

Para golongan setan itu kemungkinan akan muncul menjelang atau bersamaan dengan kemunculan dajjal.

Belum diketahui pasti apakah golongan setan itu adalah setan-setan yang dikurung di bawah laut seperti yang diriwayatkan oleh Amru bin Ash radhiallahu’anhu dalam sebuah hadist.

5. Pengikut Hawa Nafsu

Para pengikut dajjal yang akan menebar fitnah kepada umat manusia selama 40 hari itu juga berasal dari mereka yang tak kuat bersabar dalam menahan fitnah dajjal.

BACA JUGA:Berisi Pedoman Hidup Manusia, Ini Wahyu Pertama yang Diturunkan Kepada Nabi Muhammad SAW

Mereka yang mengikuti hawa nafsu akan ikut terjerumus ke dalam lubang kegelapan akibah fitnah dajjal di akhir zaman nanti.

6. Sebagian Wanita

Dalam riwayat Imam Ahmad, kebanyakan umat yang akan terpengaruh dan terjerumus masuk dalam fitnah dajjal adalah kaum wanita.

BACA JUGA:Allahu Akbar! Ternyata Ini Alasan Kita Harus Berdoa

7. Kelompok Khawarij

Menurut riwayat Ibnu Majjah, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa akan hidup seorang pemuda yang fasih membaca Al- Qur’an. Tapi bacaannya itu hanya sebatas di kerongkongan saja.

Khawarij akan menjadi kelompok yang masuk dalam golongan penyebar fitnah bersama dajjal.

Kategori :