Mengenal 7 Tingkatan Surga Berdasarkan Penjelasan Dalam Al-Qur’an

Selasa 30-05-2023,06:30 WIB
Reporter : Ajeng Monika Selis
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID – Setiap umat Islam tentunya mengetahui bahwa selain langit dan bumi beserta isinya. Allah SWT juga menciptakan surga dan neraka.

Dalam menciptakan langit yang bertingkat-tingkat dan bumi yang dilapisi oleh beberapa bagian pula.

Selain itu, Allah SWT juga menciptakan surga dan neraka yang sama-sama memiliki tingkatan tersendiri bagi setiap umat yang akan masuk ke dalamnya.

Penciptaan surga yang memiliki tingkatan bahkan telah dijelaskan dalam firman-Nya, Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 163, yang artinya:

BACA JUGA: Amalkan Ayat Seribu Dinar, Insya Allah Rezeki Berlimpah!

“(Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah, dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan,” (Q.S Ali Imran ayat 163).

Surga memiliki kenikmatan, kemewahan dan kebahagiaan yang disuguhkan bagi siapa-siapa saja yang masuk ke dalamnya. Sebagai balasan atas perbuatan baik yang dilakukan setiap umat selama hidupnya di dunia.

Tingkatan yang dimiliki surga yang diketahui adalah tujuh tingkat. Masing-masing disediakan sesuai dengan amal perbuatan manusia selama hidupnya.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-A’nam ayat 127, yang artinya:

BACA JUGA: Jangan Keliru! Ini Ciri-Ciri Jam Rolex yang Asli

“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya. Dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal kebajikan yang selalu mereka kerjakan,” (Q.S Al-A’nam ayat 127).

Tingkatan Surga

1. Surga Darussalam

Di tingkat pertama ada surga Darussalam atau dikenal juga dengan negeri keselamatan dari segala musibah yang menyebabkan marabahaya.

BACA JUGA: Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Allah Masuk Surga

Kategori :