Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Lampung Buka Program Magang Dalam Negeri

Kamis 22-06-2023,18:17 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung membuka program magang dalam negeri tahun 2023, pada Kamis 22 Juni 2023.

Sebanyak 173 peserta akan mengikuti program magang dalam negeri Disnaker Lampung tahun 2023 ke 21 prusahaan yang ada di Provinsi Lampung.

Kepala Disnaker Lampung Agus Nompitu mengatakan, 173 peserta magang dalam negeri ini melakukan pelatihan di 21 perusahaan yang bersumber dari dana dekonsentrasi untuk alokasi Disnaker Lampung.

Para peserta magang dalam negeri akan magang selama lima bulan, yang langsung dititipkan ke perusahaan-perusahaan penerima magang.

BACA JUGA:Pemelihara Kucing, Simak Beberapa Hal Ini Agar Peliharaan Kamu Tidak Merasa Sedih

Di mana, kata Agus Nompitu, para peserta ini diharapkan pasca mengikuti program magang ini dapat diterima bekerja di tempat mereka magang tersebut.

"Ya harapannya mereka bisa diterima. Dengan catatan disiplin, menunjukan dedikasi, dan kompeten selama pelatihan ini," ujar Agus Nompitu saat ditemui di Hotel Nusantara, Kamis 22 Juni 2023.

Disinggung berapa uang saku yang diberikan kepada masing-masing peserta, dijelaskan Agus Nompitu, setiap peserta mendapatkan uang saku Rp 1 juta setiap bulan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Jadi selama magang lima bulan, masing-masing peserta mendapat uang saku total Rp 5 juta," ungkapnya.

BACA JUGA:Update Kekayaan Kepala Daerah, Empat Bupati dan Wali Kota di Lampung Jadi Tuan Tanah

Lanjut Agus Nompitu, penutupan program magang dalam negeri ini akan dilakukan pada November 2023 mendatang.

Pihaknya akan melihat persentasi berapa persen peserta magang dalam negeri ini yang berhasil terserap untuk bekerja di tempat mereka magang

"Harapan kita mereka kalau punya kualifikasi dan dedikasi yang bagus bisa terserap 100 persen. Tapi kembali dilihat oleh perusahan kedisiplinan dan keseriusan selama magang. Kalau tahun lalu 70 persen terserap," tuturnya.

Ditambahkan Agus Nompitu, program magang dalam negeri ini merupakan program unggulan Disnaker Lampung untuk menekan angka pengangguran.

BACA JUGA:Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Lampung

Kategori :