Tips Sembelih dan Mengolah Hewan Kurban

Rabu 28-06-2023,20:27 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Yuda Pranata

Selain itu dianjurkan agar panitia tidak merokok saat mengelola daging. Jika menemukan cacing dalam hati hewan, lebih baik dimusnahkan. Tidak boleh dikonsumsi dengan cara membuang cacing. 

Terlebih jika cacing banyak, hendaknya menghubungi dokter hewan atau petugas instansi terkait.

Saat mendistribusikan daging disarankan menggunakan kantong plastik yang tak berwarna. Karena kantong plastik yang berwarna mengandung karsinogen atau zat pewarna. 

Hal itu sejalan dengan instruksi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota agar tidak menggunakan plastik dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 atau saat pembagian daging kurban.

BACA JUGA:Selamat, Mahsiswa Teknokrat Raih Perak dalam Kompetisi E-Sports Lampung

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 660.1/2694/V.10/2023, tanggal 27 Juni 2023 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik. 

SE tersebut merupakan tindak lanjut atas instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Antara lain mengganti kantong plastik sebagai wadah daging kurban dengan menggunakan daun seperti daun pisang atau jati.

BACA JUGA:Mayat Lelaki Tanpa Identitas Ditemukan Dalam Sumur Desa Labuhan Ratu IX Lampung Timur

Kemudian, wadah anyaman bambu (besek), atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing, yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.(*)

Kategori :