Pemprov Lampung Dua Tahun Berturut-turut Terima Penghargaan Provila

Minggu 23-07-2023,19:12 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Diklaim bisa melakukan pembinaan ke kabupaten/kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terima penghargaan pelopor provinsi layak anak (Provila) dari Kementerian PPPA RI.

Penghargaan Provila ini didapat Pemprov Lampung dua tahun berturut-turut. Di mana, pada 2022 lalu Pemprov Lampung juga menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga, kepada 14 provinsi yang memperoleh predikat Provinsi Layak Anak. Salah satunya adalah Provinsi Lampung.

Dari keterangan tertulis yang diterima Radarlampung.co.id, Bintang Puspayoga mengatakan, penghargaan diberikan kepada gubernur karena telah berhasil melakukan pembinaan dan pengawasan atas pelaksanaan kabupaten/kota layak anak diwilayahnya.

BACA JUGA:5 Kampus dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia, Ada Kampus Impianmu Tidak?

Sehingga semua kabupaten/kota di wilayahnya mendapatkan penghargaan kabupaten/kota layak anak dengan berbagai kategori.

Bintang Puspayoga berharap agar penghargaan yang diterima dijadikan sebagai pemacu dengan penuh tanggung jawab untuk terus berinovasi memacu kreativitas yang lebih luas guna memastikan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

"Karena melindungi satu anak berarti melindungi satu bangsa," ujar Bintang Puspayoga.

Lanjut Bintang, provinsi layak anak merupakan wujud sinergitas dan kerja keras baik di kabupaten/kota maupun lintas kabupaten/kota dalam setiap provinsi guna mewujudkan upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak.

BACA JUGA:Sejumlah Hewan Ternak di Tanggamus Sempat Terkena Gejala LSD

Provinsi layak anak bisa tercapai jika semua kabupaten dan mota menjadi kabupaten/kota layak anak (KLA).

Begitu juga, semua kecamatan dan desa/kelurahan menjadi kecamatan dan desa/kelurahan layak anak (KELANA dan DEKELA).

Salah satu dukungan gubernur terhadap pelaksanaan KLA di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung  yaitu melalui pembinaan, pengawasan, dan pendampingan kepada kabupaten/kota terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui penyelenggaraan KLA baik kebijakan, program maupun kegiatan yang sesuai dengan amanat perundang-undangan. 

Diketahuu, ada 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang memperoleh penghargaan kabupaten/kota Layak anak adalah sebagai berikut :

BACA JUGA:Predikat Nindya, Tulang Bawang Kembali Raih Anugerah Kabupaten Layak Anak

Kategori :