10 Tips dan Trik Sukses Dalam Wawancara Kerja

Selasa 24-10-2023,14:39 WIB
Reporter : Rizki Pramajaya
Editor : Rizki Pramajaya

7. Komunikasi yang Efektif

Selama wawancara kerja, sampaikan jawaban Anda secara jelas dan tegas.

Jangan gunakan kata-kata yang ambigu atau terlalu berbelit-belit.

Interviewer pada umumnya ingin mendengarkan jawaban dari pelamar kerja yang langsung to the point.

8. Pertanyaan untuk Interviewer

Wawancara kerja menjadi kesempatan bagi Anda untuk menilai dan mengukur apakah perusahaan dan posisi yang Anda lamar sesuai dengan tujuan dan ekspektasi Anda.

Anda bisa menyiapkan beberapa pertanyaan untuk diajukan kepada interviewer.

Hal ini justru menunjukkan bahwa Anda serius dengan pekerjaan yang Anda lamar dan memperlihatkan minat yang tinggi terhadap perusahaan.

9. Bersikap Ramah dan Jujur

Saat Anda datang ke wawancara kerja, bersikaplah ramah kepada semua orang yang Anda temui, terlebih kepada interviewer.

Sikap ramah akan menciptakan impresi positif tentang diri Anda. 

Selain itu, jadilah pribadi yang menjunjung tinggi kejujuran. Hindari membuat klaim yang tidak dapat

Anda buktikan atau memberikan jawaban yang tidak jujur.

Setelah wawancara kerja selesai, ucapkan terima kasih kepada interviewer atas kesempatan yang telah diberikan.

10. Follow-up

Setelah wawancara kerja, Anda dapat mengirimkan email tindak lanjut kepada interviewer sebagai bentuk apresiasi dan ketertarikan Anda terhadap perusahaan atau pekerjaan. 

Kategori :

Terkait