Perlu Diketahui, Ini 6 Masker Alami untuk Mengatasi Rambut Kering

Rabu 25-10-2023,22:01 WIB
Reporter : Alnisya
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rambut kering adalah salah satu tanda kurangnya nutrisi dan kelembapan alami. Masalah ini bisa diatasi dengan masker rambut yang terbuat dari telur, madu, minyak zaitun, yogurt dan pisang. 

Rambut kering dapat menjadi tanda kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut. Masalah ini juga bisa terjadi akibat rusaknya lapisan pelindung rambut (kutikula). 

Rambut kering ditandai dengan rambut kusam, tidak berkilau, mudah kusut, sulit diatur dan rapuh. Penyebab ini juga bisa mengakibatkan rambut rontok saat disisir. 

Risikonya meningkat seiring bertambahnya usia karena penurunan produksi minyak di rambut. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa masker alami untuk mengatasi rambut kering.

BACA JUGA:Catat! Ini 8 Cara Mengatasi Uban Secara Alami

1. Kuning Telur dan Madu 

Kuning telur mengandung nutrisi, lemak dan protein yang dapat menambah hidrasi ke helai rambut sekaligus menguatkan akar. Sedangkan madu membantu mempertahankan kelembapan alami rambut dan mengembalikan keseimbangan pH pada kulit kepala. 

Ya, perpaduan keduanya dapat menambah kelembapan dan meningkatkan produksi minyak sehingga membuat rambut lebih berkilau. Untuk menggunakan masker rambut ini, kamu perlu menyiapkan 1 sendok madu, 1 butir telur utuh dan 1 sendok makan cuka sari apel. 

Kocok telur hingga berbusa. Lalu campur semua bahan jadi satu. Oleskan campuran ini pada batang rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 30 sampai 40 menit. Lalu bilas dengan shampo. 

2. Pisang dan minyak zaitun 

BACA JUGA:5 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Cocok Juga Dijadikan Hewan Peliharaan di Rumah

Minyak zaitun memiliki kandungan kaya akan asam oleat, asam palmitat serta squalene. Perpaduan ketiganya memberikan efek melembutkan dan menambah kilau pada rambut kering dan kusam. 

Sedangkan pisang, buah ini memiliki efek melembapkan serta kandungan vitamin dan mineral pada buah pisang juga sangat membantu dalam menjaga dan memperkuat akar rambut. 

Untuk membuat masker rambut ini, siapkan 1 buah pisang matang dan 1 sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya, haluskan pisang dan tambahkan minyak zaitun. 

Kategori :