7 Tips Hadapi Anak GTM, Nomor 6 Wajib Dipahami

Selasa 30-01-2024,19:38 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kondisi anak tidak mau makan atau gerakan tutup mulut (GTM) menjadi satu beban pikiran bagi seorang ibu di mana pun.

Ya, ibu akan mudah khawatir bila si kecil yang baru saja MPASI ataupun anak yang kini masih mengalami masa pertumbuhan susah untuk makan.

Segala hal dilakukan ibu untuk mencari tahu makanan apa yang disukai sang anak hingga anak mau makan --tentu dengan kebutuhan gizi pas dan baik untuknya.

Bahkan tak sedikit ibu yang menghalalkan segala cara supaya membuat anaknya makan, mulai dari mengajaknya bermain hingga menggunakan gadget ketika waktu makan.

BACA JUGA:Dorong Ekonomi Inklusif dan Digitalisasi, Desa Mlowokarangtalun Gandeng Agen BRILink

Bila nekat begitu, bukan tidak mungkin hal itu nanti akan menjadi kebiasaan buruk bagi si kecil karena berpengaruh kepada emosionalnya.

Bunda pun jangan tersulut emosi saat memberikan makan pada anak yang baru saja MPASI.

Hal itu mampu membuat anak semakin takut dan trauma pada kegiatan yang sama sehingga potensi GTM akan hadir setiap harinya.

Nah bunda, ada beberapa tips untuk mengatasi anak GTM selain musti banyak bersabar dikutip dari berbagai laman kesehatan, di antaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:Modus Ritual, Warga Pringsewu Lampung Tertipu Puluhan Juta Rupiah

1. Fokuskan Perhatian

Ketika waktu makan tiba bunda harus segera menyiapkan menu dan si kecil ke kursi makannya.

Pastikan tidak ada gadget atau TV yang sengaja dihidupkan, pada saat itu si kecil akan fokus memakan makanan yang disajikan.

2. Tidak Memberi Snak Apapun

BACA JUGA:Kenali, Perbedaan Osteoporosis Primer dan Sekunder di Usia Muda.

Kategori :