Ada Peran Agen BRIlink dan BRImo, Kisah Sukses Desa Daeena Gorontalo Tingkatkan Inklusi Keuangan

Senin 12-02-2024,14:45 WIB
Reporter : Widisandika Budiman
Editor : Widisandika Budiman

RADARLAMPUNG.CO.ID-Desa Daenaa di Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, telah berhasil mencapai kesuksesan yang patut diacungi jempol. 

Desa ini, yang memiliki ratusan hektare ladang jagung, telah mampu mandiri dengan memanen sebanyak 3.600 ton jagung setiap tahunnya. 

Keberhasilan perkebunan jagung ini tidak lepas dari peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Usaha yang beroperasi di sana.

BACA JUGA:Sah Atau Tidak Wudhu saat Masih Pakai Make Up? Begini Hukum Wudhunya

Kepala Desa Daenaa, Jefri A Rahim, menjelaskan bahwa BUMDes Bina Usaha telah menyediakan sarana produksi pertanian (saprodi) seperti obat insektisida, pupuk organik, dan alat pertanian dengan harga terjangkau. 

Hal ini mendorong peningkatan produktivitas para petani jagung. 

Selain itu, BUMDes Bina Usaha juga membantu permodalan masyarakat dengan sistem bagi hasil, yang digunakan untuk mengelola usaha arang tempurung dan perkebunan kelapa.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Oppo Reno11 F 5G Terbaru 2024, Masuk Referensi HP RAM Besar dan Terbaru

Total luas perkebunan kelapa yang dikelola masyarakat Desa Daenaa mencapai 100 hektare dengan hasil panen 60 ton per tahun yang diolah menjadi kopra. 

Sejak berdiri pada tahun 2016, BUMDes Bina Usaha terus berkembang dan telah memiliki tiga cabang di kecamatan dan kabupaten lain di Provinsi Gorontalo.

Direktur BUMDes Bina Usaha, Iwan Kadir, menyatakan bahwa peran BUMDes Bina Usaha sangat besar terhadap perekonomian masyarakat, terutama dalam meningkatkan produktivitas petani jagung. Hal ini turut mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Daenaa.

BACA JUGA:Fitur Unggulan ltel P55T, Masuk Referensi HP 1 Jutaan dan Terbaru 2024

Selain itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI juga melakukan berbagai program edukasi untuk mendorong pengembangan UMKM di Desa Daenaa, seperti pelatihan branding dan packaging. Ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik produk unggulan Desa Daenaa dan menjangkau pasar lebih luas.

Kemajuan perekonomian masyarakat Desa Daenaa juga didukung oleh inklusi keuangan melalui AgenBRILink dari BRI. 

Layanan ini membantu masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang BRI yang jaraknya cukup jauh dari desa. 

Kategori :