PIN Polio Dimulai, Jangan Sampai Terlewat!

Selasa 23-07-2024,19:13 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

Pos pelayanan PIN Polio dapat di lakukan di Posyandu, Pustu, Puskesmas, Sekolah dan pos pelayanan imunisasi lainnya yang berada di bawah wilayah kerja Puskesmas.

"Pemerintah di semua jenjang telah menyiapkan segala sumber daya yang diperlukan. Selanjutnya peran organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta peran aktif penggerakan masyarakat agar semua anak bayi, baduta, anak balita dan anak sekolah RA, SD/MI dan anak berkebutuhan khusus/SLB untuk imunisasi tetes Polio," jelasnya.

"Pencanangan ini merupakan bukti komitmen kita bahwa Provinsi Lampung siap menyukseskan program Imunisasi di Indonesia untuk menyelenggarakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan mulai hari ini tanggal 23 Juli 2024," tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Edwin Rusli menjelaskan, pemerintah mempunyai komitmen kuat untuk mewujudkan Eradikasi Polio di Indonesia pada tahun 2026.

BACA JUGA:Cadangan Beras di Metro Aman, Segini Jumlahnya

Mempertimbangkan adanya situasi KLB Polio di 7 provinsi, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan serta terdapat 32 Provinsi dan 399 kabupaten/kota yang memiliki risiko tinggi Polio, akan dilakukan pemberian imunisasi massal Polio secara masif dengan cakupan tinggi dan merata sebesar 95 persen untuk memutus transmisi virus Polio. 

"Provinsi Lampung sudah siap untuk pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio baik dari segi kesiapan Sumber Daya Manusia melalui Advokasi, Sosialisasi dan Orientasi Pelatihan Teknis petugas terkait PIN Polio nOPV2," jelas Edwin Rusli 

Ia melanjutkan, Provinsi Lampung mempunyai sasaran yang harus menjalani Imunisasi Tetes Polio nOPV2 sebanyak 1.259.539 anak, usia 0 sampai tahun. 

Pelaksanaan PIN Polio akan dilaksanakan dalam dua putaran/dosis terdiri dari putaran 1 (dosis 1) dari 23 sampai 29 Juli 2024, sweeping putaran 1 dari 30 Juli sampai 3 Agustus 2024; dan Putaran 2 (dosis 2) dari 6 sampai 12 Agustus 2024, Sweeping putaran 2 dari 13 sampai 17 Agustus 2024.

BACA JUGA:Tinjau Proses Imunisasi Polio, PJ Bupati Mesuji: Saya Tekankan Tenaga Medis Murah Senyum dan Pelayanan Cepat

"Keberhasilan PIN Polio ini sangat ditentukan oleh dukungan semua pihak yang terkait dan partisipasi seluruh masyarakat," jelasnya.(*)

Kategori :