BPMP Lampung Gelar FGD Komunitas Belajar 'Cawa Geh', sekaligus Musda dan Pelantikan PD AWI Lampung

Selasa 30-07-2024,14:20 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung menggelar Focus Group Discussion (FGD) Komunitas Belajar 'Cawa Geh'.

Pada kegiatan ini turut digelar Musyawarah Daerah (Musda) perdana Asosiasi Widyaprada Indonesia (AWI) Provinsi Lampung dan pelantikan Pengurus Daerah (PD) AWI Provinsi Lampung.

Kegiatan Musda itu dibuka secara resmi oleh Kepala BPMP Provinsi Lampung Dr. Khairullah, S.Pd., M.Pd.

Pada saat proses Musda juga dilakukan pemantauan oleh Pengurus Pusat (PP) AWI.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Umum PP AWI, Kepala dan Kasubbag Umum BPMP Provinsi Lampung, dan seluruh pegawai dan Widyaprada BPMP Provinsi Lampung.

Pada acara Musda itu juga, telah dilaksanakan pemilihan PD AWI Provinsi Provinsi Lampung, di mana Pemilihan melalui pemungutan suara secara tertutup.

Sebagai hasilnya terpilih Ketua AWI Provinsi Lampung Eko Sudarmanto, S.Pd., M.Si., Sekretaris: Hardian Ashari, M.Pd., dan Bendahara: Novita Andriyanti, S.Kom., M.T., serta Widyaprada lainnya sebagai PD AWI Provinsi Lampung masa bakti 2024-2029.

Kegiatan dilanjutkan dengan FGD Komunitas Belajar 'Cawa Geh', di mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas pegawai di lingkungan BPMP Provinsi Lampung, membangun pemahaman terkait isu terkini dan pengaruhnya terhadap jabatan fungsional widyaprada dengan narasumber utama adalah Ketua Umum PP AWI, Ir. Haris Iskandar, Ph.D, dengan materi “Eksistensi Jabatan Fungsional Widyaprada di Kelembagaan BPMP dalam Transformasi Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi”, dan Sekretaris Umum PP AWI, Dr. R. Muktiono Waspodo, M.Pd., dengan materi “Penguatan Profesi Widyaprada pada Era Digitalisasi”. 

Pelantikan dan pengukuhan PD AWI Provinsi Lampung dilakukan oleh Ketua Umum PP AWI, diaksikan oleh Sekretaris Umum PP AWI, dan Kepala Subbag Umum BPMP Provinsi Lampung Syafran.

Dalam sambutannya Ketua Umum PP AWI Haris Iskandar menyampaikan kepada PD AWI Provinsi Lampung untuk maju terus, dan berpacu dalam berkarya untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Provinsi Lampung serta menekankan bahwa setiap Jabatan Fungsional harus memiliki satu organisasi profesi dan menjadi anggota organisasi profesi sebagai wadah dalam memainkan peran strategis di daerah.

“BPMP merupakan rumah besar bagi widyaprada karena BPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat di provinsi yang terjabarkan dalam tugas jabatan Widyaprada pada Pemetaan Mutu, Pendampingan, Pembimbingan, Supervisi, dan Pengembangan Model," katanya.

Dirinya berharap, keberadaan AWI dapat menunjang terlaksananya keberlanjutan program penjaminan mutu pendidikan di Indonesia.

AWI merupakan wadah aspirasi dan forum komunikasi bagi Widyaprada Indonesia yang terus meningkatkan kemampuan untuk invensi dan inovasi, sehingga dapat berkontribusi dan berdaya saing secara nasional maupun internasional.

"AWI juga dapat melakukan langkah strategis perlindungan hukum dan penghargaan bagi para Widyaprada dalam menjalankan tugas profesinya, dan menyinergikan perjuangan advokasi terhadap berbagai kebijakan negara maupun institusi yang berkaitan dengan keselamatan dan kemaslahatan para Widyaprada," tandasnya.

Kategori :