Masifkan Program GELIAT di Metro Lampung, Ciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat

Jumat 02-08-2024,21:41 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Anggri Sastriadi

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro secara masif galakkan program Gerakan Lingkungan Hidup Sehat atau GELIAT.

Program tersebut merupakan salah satu langkah untuk menekan volume sampah, dan menciptakan lingkungan yang bersih, aman, dan sehat.

Walikota Metro, Wahdi menjelaskan, program GELIAT tersebut dinilai dapat menekan terjadinya penumpukan sampah di lingkungan masyarakat. Di mana, masyarakat juga turut aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

"Kita ada program GELIAT. Jadi masyarakat juga harus ikut terlibat," ujarnya.

BACA JUGA:Upss, Mendadak Noverisman Subing Tinggalkan PKB dan Kembali ke Golkar

BACA JUGA:SAPA RMD Grebeg UMKM di Sukarame Bandar Lampung

Dikatakannya, adanya penumpukan sampah di lingkungan masyarakat dapat membawa dampak besar bagi kerusakan lingkungan.

"Sampah itu merusak ya. Jadi kita bisa memilah sampah untuk menjadi lebih bermanfaat," imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengintensifkan peran Satpol PP untuk pengawasan yang terkait dengan penegakkan Perda. Ditambah, dengan peran Diskominfo untuk menyampaikan informasi mengenai inovasi-inovasi masyarakat, termasuk program GELIAT yang rutin dilaksanakan.

"Banyak ya. Memang ada sejumlah peraturan daerah juga yang harus dijaga. Lalu, juga karya-karya inovasi yang mesti disampaikan oleh Diskominfo kepada masyarakat," pungkasnya.

BACA JUGA:Buka Gerai di Rest Area Km 208, Ini Barang-barang yang Dijual Dekranasda Tulang Bawang Lampung

BACA JUGA:Ditopang Dana Murah, Penghimpunan Simpanan BRI Tumbuh 11,61 Persen di Triwulan II 2024

Sebagai informasi, Program GELIAT rutin dilakukan di seluruh kelurahan di Kota Metro. Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berkolaborasi dan bersinergi.dengan berbagai pihak, mulai dari seluruh jajaran pemerintah, masyarakat, kader-kader kesehatan, dan para Pamong. Dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi masyarakat di Bumi Sai Wawai. Serta, melalui kegiatan GELIAT ini juga diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Kategori :