52,20 Persen Warga Nilai Kinerja Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad Kurang Memuaskan

Sabtu 03-08-2024,07:10 WIB
Reporter : Ary Mistanto
Editor : Ary Mistanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Musa Ahmad telah menjalani berbagai tantangan dan dinamika politik yang mewarnai kepemimpinannya sebagai Bupati Lampung Tengah. 

Berbagai program pembangunan dan kebijakan publik telah diluncurkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Namun, perjalanan kepemimpinannya tidak selalu mulus. Berbagai tantangan, mulai dari isu infrastruktur, pelayanan publik, pendidikan dan kesehatan menjadi bagian dari dinamika yang dihadapinya.

Untuk mendapatkan gambaran jelas, Disway Research and Development (DRD) dan Departemen Penelitian dan pengembangan (Litbang) Radar Lampung Media Grup (RLMG) melakukan survei mendalam untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinannya.  

Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Bupati Musa Ahmad hanya mencapai 47,80%. Mayoritas responden yakni 52,20% merasa kinerja Bupati Musa Ahmad kurang memuaskan. 

Survei dilakukan dalam rentang waktu sepekan, dari tanggal 14 Juli hingga 20 Juli 2024. Data populasi diambil dari total mata pilih Kabupaten Lampung Tengah yang berjumlah 1.020.141 jiwa, yang tersebar di 28 kecamatan. 

Dengan tingkat kepercayaan diri sebesar 90 persen dan margin error (toleransi kesalahan) plus minus 3,00 persen.

Jumlah sampel yang diambil untuk survei ini adalah 500 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara acak untuk memastikan keakuratan dan keandalan hasil survei.

Metode yang digunakan dalam survei ini adalah simple random sampling, yang memungkinkan setiap individu dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih sebagai responden, sehingga hasil survei dapat dianggap representatif.

Dari total responden yang terlibat dalam survei, hanya 26 responden (5,20%) menyatakan sangat puas dengan kinerja Bupati. 

Angka ini mencerminkan bahwa hanya sebagian kecil masyarakat yang merasakan kepuasan yang tinggi terhadap kepemimpinan yang telah dijalankan.

Sebanyak 213 responden (42,60%) menyatakan puas dengan kinerja Bupati. Meskipun jumlah ini lebih tinggi daripada yang sangat puas, namun masih menunjukkan bahwa kurang dari setengah dari total responden memberikan penilaian positif.

Sedangkan jumlah yang lebih signifikan yakni 227 responden (45,40%), mengungkapkan ketidakpuasan terhadap kepemimpinan Bupati. Ini menjadi indikator bahwa banyak aspek dalam pemerintahan yang perlu ditingkatkan.

Terakhir, sebanyak 34 responden (6,80%) menyatakan sangat tidak puas, menandakan adanya segmen masyarakat yang merasa sangat kecewa dengan kebijakan dan kinerja yang telah diterapkan.

Tingkat Kepuasan atas Kinerja Bupati Lampung Tengah

Kategori :