Lampung Barat Kembali Terima Penghargaan UHC Award Atas Cakupan JKN

Jumat 09-08-2024,16:01 WIB
Reporter : Yuda Pranata
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar) Drs. Nukman, MM., yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 tingkat pratama, dari dari Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Prof. DR. Muhajjir Efendy, M.A.P.,di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada Jumat Agustus 2024.

Penghargaan yang diterima Lampung Barat ini, merupakan penghargaan yang diterima kali keduanya, atas komitmennya dalam memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala Dinkes Lampung Barat Widyatmoko Kurniawan mengatakan, penghargaan yang diraih tidak lepas dari komitmen Pemkab Lampung Barat dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Dijelaskan, UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan optimal.

BACA JUGA:Barisan Jenderal Masuk Daftar Mutasi Polri Juli 2024, Tiga Penugasan Luar Struktur

BACA JUGA:Kepemimpinan Transformatif Bangun Universitas Berkelas Dunia

"Diraihnya penghargaan ini tentunya diharapkan Lampung Barat, dapat terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat. Penghargaan ini juga menjadi motivasi agar kedepannya mampu mempertahankan komitmen dimana setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif dan bermutu," ujarnya.

Terusnya, Dirinya menjelaskan capaian Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Lampung Barat saat ini sudah mendekati 100 persen.

“Saat ini capaian kepesertaan JKN Kabupaten Lampung Barat sebesar 96,8 persen,” terangnya.

Dengan capaian UHC tersebut membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus berupaya agar setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif dan bermutu.

BACA JUGA:Hukum Melakukan Sumpah Pocong Dalam Islam Menurut Ustadz Khalid Basalamah

BACA JUGA:Surat Rekom Terbit, Demokrat Usung Ali Rahman - Ayu Asalasiyah untuk Pilkada Way Kanan

Dijelaskan, pada tahun 2023 lalu capaian JKN di Lampung Barat saat ini sudah mendekati 100 persen atau tepatnya sebesar 96,85 persen dari jumlah penduduk atau sejumlah 298.460 jiwa. Atau terdapat sekitar 9.699 jiwa penduduk yang belum memiliki kepesertaan JKN dengan tingkat keaktifan peserta yaitu 65,04 persen.

Pihaknya terus berupa meningkatkan pada tahun 2024 ini hingga mencapai angka capaian terakhir berdasarkan data Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah mencapai 98%.

Kategori :