Dinas PPA Bandar Lampung Klaim Kasus Kekerasan Turun, Ternyata Ini Cara Jitu yang Diterapkan

Jumat 13-09-2024,17:29 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sepanjang tahun 2024, Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Bandar Lampung mencatat ratusan laporan kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Kepala Dinas PPA Kota Bandar Lampung Maryamah mengatakan, sejak Januari hingga September 2024, pihaknya menjabarkan ada 101 kasus laporan kekerasan.

"Kalau sampai sekarang sekitar 101 kasus atau laporan anak dan perempuan yang kita terima, di mana penangananya kita tanangani dan juga kita temani pendampingan hukumnya," katanya.

Kekerasan yang dimaksud mulai dari kekerasan verbal hingga fisik yang kerap terjadi di rumah maupun di lingkungan sekolah di Bandar Lampung.

BACA JUGA:Sensasi Melukis sambil Ngopi Asyik bareng bestie di Maru house, Kuliner Hidden Gem Di Bandar Lampung

Meski begitu, Maryamah mengklaim bahwa kasus yang pihaknya data dan tangani turun dibandingkan tahun sebelumnya.

Kata dia, hal yang mempengaruhi turunnya angka tersebut lantaran pihaknya membuka sesi curhat yang dilakukan oleh para ribuan relawan Sapa.

"Tahun ini kita melayani curhat 24 jam, artinya kita jemput bola makanya jumlah berkurang dari tahun lalu atau bisa dibilang upaya kita berhasil karena jangkauannya lebih luas melalui relawan Sapa," katanya.

Untuk saat ini, kata Maryamah pihaknya memiliki 1.200 lebih relawan sapa yang bertugas membantu dan mendampingi masyarakat korban kekerasan di lingkungannya.

BACA JUGA:Wali Kota Bandar Lampung Perintahkan Dinas Perkim Evaluasi GSB Melanggar

"Untuk relawan sapa ini satu kelurahan ada sebanyak 10 orang, jadi emang di 20 kecamatan ada dan totalnya 1.260-an," ungkapnya.

Maryamah juga menandaskan, para relawan tersebut mempunyai kewajiban melaporkan semua perkembangan yang ada di kelurahan, termasuk mensosialisasikan berani lapor.

"Makanya mereka ada insentifnya Rp 200 ribu per orang, sebagai ganti transport dalam mendampingi ke pihak berwajib. Setiap bulannya harus ada laporan terkait hal ini," pungkasnya.

Kategori :